Setahun Sekolah di Tanjab Timur Aplikasikan Program PINTAR, Wabub Robby Akui Ada Lompatan Besar

CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo menyebut penyebaran praktik-praktik baik pendidikan ini adalah kunci untuk pemerataan kualitas.

Setahun Sekolah di Tanjab Timur Aplikasikan Program PINTAR, Wabub Robby Akui Ada Lompatan Besar
ist
Pemkab Tanjung Jabung Timur Resmikan Diseminasi Program PINTAR. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI– Setelah setahun mengimplementasikan Program PINTAR Tanoto Foundation, sekolah dan madrasah mitra di Kabupaten Tanjung Jabung Timur menunjukkan keberhasilan program melalui unjuk karya Program PINTAR yang dilaksanakan pada 2 Mei, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo menyebut penyebaran praktik-praktik baik pendidikan ini adalah kunci untuk pemerataan kualitas pendidikan.

Menurutnya, Program PINTAR menjangkau kurang dari 10 persen sekolah dan madrasah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bila hanya mengandalkan Program PINTAR, pemerataan kualitas pendidikan, akan memakan waktu lama untuk mecapai dampak yang signifikan.

"Tanoto Foundation adalah katalisator. Kami mengawali pengembangan program, pemerintah daerah yang mendiseminasikan untuk mencapai tujuan bersama sebagai satu tim Indonesia, yaitu anak-anak kita menjadi pintar, dapat bersaing di dunia global, dan peringkat anak-anak kita dalam tes PISA akan meningkat secara signifikan," tukasnya di sela-sela acara unjuk karya praktik baik Program PINTAR di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Baca: Warga Panik Gunung Kerinci Keluarkan Abu Vulkanik, 50 Pendaki Terjebak di Atas Gunung

Baca: Niat Kenalan Dengan Cewek Cantik di Jambi, Motor Rival Justru Dirampok Lalu Dijual Rp 1,8 Juta

Baca: Ribut Soal Soimah, Penjual Helm di Jambi Tusuk Pengunjung Warung Nasi Hingga Meninggal

Baca: Ketemu Kemenko Kemaritiman, Bupati Safrial Fokus Bahas Rehabilitasi Mangrove di Pantai Timur

Baca: PLN Area Jambi Upayakan Selama Ramadan Tidak Ada Pemadaman, Kecuali Hal Ini yang Terjadi

Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur, H. Robby Nahliansyah sangat terkesan melihat para siswa yang mempresentasikan hasil karya pembelajarannya.

"Saya melihat sendiri anak-anak kita yang biasanya takut menjawab pertanyaan orang dewasa, justru saat ini mereka percaya diri dan mampu mempresentasikan dengan baik hasil belajarnya. Hal ini adalah lompatan besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Tanjung Jabung Timur," tukasnya setelah mengunjungi stan-stan sekolah madrasah.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur, Drs. Djunaedi Rahmat, menyampaikan komitmennya mendiseminasikan Program PINTAR ke seluruh sekolah dan madrasah di semua kecamatan.

"Untuk tahap pertama, kami sudah menganggarkan Rp 635 juta dana dari APBD untuk diseminasi Program PINTAR," katanya bersemangat.

Pada acara ini, sekolah dan madrasah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, menunjukkan dampak implementasi Program PINTAR dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, manajemen berbasis sekolah, dan budaya baca.

Misalnya SDN 61/X Talang Babat yang siswanya menyimulasikan proses perubahan wujud benda dari cair menjadi padat, dengan membuat air laut menjadi kristal garam melalui proses pemanasan. Ada juga SDN 215/X Sungai Tanah yang menunjukkan media pengamatan terjadinya metamorfosis katak.

Sementara SMPN 4 Tanjab Timur, siswanya mempraktikkan percobaan bahan limbah detergen yang berbahaya untuk kehidupan mahkluk hidup di sungai, atau SMPN 12 yang mendemontrasikan konsep tekanan dan luas penampang dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil karya tersebut menunjukkan kemampuan siswa menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran. Mereka juga tampak terlatih dalam menerapkan keterampilan abad 21, seperti kreativitas, berpikir kritis, kerja sama, dan komunikatif.

Pada acara Unjuk Karya Praktik Baik tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU diseminasi Program PINTAR antara Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama. Pelaksanaan diseminasi pelatihan ini akan menggunakan APBD 2019.

Baca: Jangan Pernah Tinggalkan Shalat Jumat Sebanyak 3 Kali Berturut-turut, Ini Hukum Beserta Haditsnya

Baca: Jumat Barokah, Ini Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya

Baca: Wajib Tahu, Waktu Mustajab di Hari Jumat Supaya Doa Mudah Dikabulkan

Baca: BREAKING NEWS: Persib Bandung Depak Miljan Radovic dan Tunjuk Sosok Pengganti, Robert Rene Alberts

Baca: AHY Temui Jokowi Pakai Mobil B 2024 AHY, Partai Demokrat Ungkap Makna Pelat Nomor Land Cruiser AHY

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved