Bukan STNK, Tapi Kendaraan Ditilang hingga Tahapan Penghapusan Data Jika Tak Bayar Pajak

Pengendara kendaraan bermotor harus membayar pajak atau mengesahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap tahunnya.

Bukan STNK, Tapi Kendaraan Ditilang hingga Tahapan Penghapusan Data Jika Tak Bayar Pajak
TRIBUN JAMBI
Ilustrasi STNK 

Tak bayar pajak? Bukan cuma STNK yang ditilang tapi kendaraannya, ini 3 tahap penghapusan data kendaraan jika tak bayar pajak.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pengendara kendaraan bermotor harus membayar pajak atau mengesahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap tahunnya.

Pasalnya, polisi bisa memberikan tilang jika STNK tidak disahkan.

Baca: Bukan STNK, Kendaraannya yang Ditilang, Ancaman Untuk Pengendara yang Tak Bayar Pajak Setiap Tahun

Baca: INFO TERBARU Wacana Mulai Januari 2019, STNK Mati Pajak 2 Tahun Langsung Kena Blokir

"Jika STNK tidak disahkan, maka kendaraannya juga dianggap tidak layak jalan,” ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jambi Kombes Pol Didik Mulyanto saat menjadi pemateri pada Rapat Kerja Samsat Semester II tahun 2018 yang digelar Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, Rabu (26/12/2018).

Didik menginstruksikan agar seluruh Kasat Lantas menilang pengendara yang STNK kendaraannya tidak disahkan.

Puluhan pengendara roda dua maupun roda empat di Jalan Lintas Jambi-Muara Sabak, Sabak Barat Tanjabtim mendapat sanksi tilang pada senin (8/10). Mereka tertangkap saat Satlantas Polresta Tanjab Timur menggelar razia di di kawasan Talang Babat.
Puluhan pengendara roda dua maupun roda empat di Jalan Lintas Jambi-Muara Sabak, Sabak Barat Tanjabtim mendapat sanksi tilang pada senin (8/10). Mereka tertangkap saat Satlantas Polresta Tanjab Timur menggelar razia di di kawasan Talang Babat. (Tribun Jambi/Zulkifli)

Namun Didik mengingatkan, saat penilangan petugas jangan menjadikan STNK yang tidak disahkan tersebut sebagai barang bukti (BB). "Kendaraannya yang ditilang,” katanya.

Lebih lanjut Didik mengatakan, dalam kurun waktu tiga bulan ke depan pihaknya juga akan melakukan penghapusan terhadap data kendaraan yang dijadikan BB tilang, namun tidak kunjung diambil pemiliknya.

Saat ini, kata Didik, ada ratusan kendaraan BB tilang di Ditlantas Polda Jambi yang tidak diambil pemiliknya.

Tidak hanya itu, Didik mengatakan pemilik kendaraan bermotor yang sudah tidak layak jalan dan tidak lagi dioperasionalkan juga dapat mengajukan penghapusan data kendaraan bermotor di registrasi identitas di Ditlantas Polda Jambi.

Penghapusan data registrasi identitas ini bertujuan untuk validasi data, sehingga dapat diketahui berapa jumlah kendaraan bermotor yang ada di Provinsi Jambi.

Halaman
1234
Editor: suci
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved