Zulkifli Nurdin Meninggal Dunia

Zulkifli Nurdin Tutup Usia di Umur 70 Tahun, Bang Zul Getol Turun ke Pelosok Desa

Kabar ini membuat segenap kerabat, keluarga besar dan masyarakat Provinsi Jambi khusus, ikut berkabung

Zulkifli Nurdin Tutup Usia di Umur 70 Tahun, Bang Zul Getol Turun ke Pelosok Desa
ist
Zulkifli Nurdin

Editorial

TRIBUNJAMBI.COM - INNALILLAHI wainnailahi rojiun. Kabar duka bagi Provinsi Jambi. Gubernur Jambi dua periode 1999-2004 dan 2005-2010, Zulkifli Nurdin mengembuskan napas penghabisan di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Rabu (28/11) malam. pada usia 70 tahun. 

Kabar ini membuat segenap kerabat, keluarga besar dan masyarakat Provinsi Jambi khusus, ikut berkabung dalam duka yang mendalam.

Betapa tidak, Bang Zul --demikian sapaan akrabnya adalah sosok atau figur gubernur yang fenomenal. Dia juga sangat dekat dengan rakyat Jambi. Pada periode pertama dirinya memimpin Jambi yang waktu itu berpenduduk lebih kurang 1,8 juta, Bang Zul langsung melakukan sederet gebrakan.

Suasana Rumah duka Zulkifli Nurdin, Rabu (28/11/2018) keluarga dan kerabat berkumpul di rumah yang berada di Kampung Manggis, Kota Jambi
Suasana Rumah duka Zulkifli Nurdin, Rabu (28/11/2018) keluarga dan kerabat berkumpul di rumah yang berada di Kampung Manggis, Kota Jambi (TRIBUNJAMBI/ANDIKA ARNOLDY)

Di antara program dia yang sangat menonjol adalah pembangunan infrastruktur ke pelosok kabupaten, utamanya jalan provinsi yang ada di kabupaten menjadi tanggung jawab APBD Provinsi Jambi. Alasan dia waktu itu sangat sederhana, bagaimana mungkin hasil bumi rakyat di pedesaan bisa bersaing, kalau jalannya "keriting" alias jelek.

Makanya Bang Zul sangat getol turun ke pelosok-pelosok desa hingga ke ujung wilayah Barat Provinsi Jambi seperti Kabupaten Merangin, Kerinci, Bungo dan lainnya. Selain jalan, Bang Zul pun fokus membangunan jembatan penghubung, terutama jembatan yang sudah berusia tua yang mendesak untuk diganti. 

Zumi Zola datangi rumah sakit tempat Zulkifli Nurdin dirawat
Zumi Zola datangi rumah sakit tempat Zulkifli Nurdin dirawat (IST)

Satu di antara bangunan monumental yang bisa dilihat tak jauh dari Kota Jambi adalah Jembatan Batanghari II yang membentang di atas Sungai Batanghari. Jembatan yang dibiayai dengan dana waktu itu sekitar Rp 161 miliar membuka jalan darat Jambi-Muara Sabak, Jambi- Nipah Panjang yang memperpendek waktu tempuh satu jam lebih, dibanding melalui Simpang Kiri.

Baca Juga:

Zulkifli Nurdin Meninggal Dunia! Ungkapan Duka Cita Mengalir di Media Sosial

 Zulkifli Nurdin Meninggal Dunia, Warganet Kenang Jasa-jasanya Semasa Menjabat Gubernur

 Zulkifli Nurdin Meninggal, Plt Gubernur Fachrori Umar: Kita Kehilangan Putra Terbaik Provinsi Jambi

Pria kelahiran Muara Sabak 1948 ini juga dikenal sangat dekat dengan awak media. Saat kunjungan ke daerah, mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Provinsi Jambi dua periode ini, mengadakan tatap muka dengan masyarakat desa.

Ada dialog antara rakyat dan gubernurnya. Di sana dia menampung keluhan terkait banyak hal. Dalam dialog hadir masyarakat desa, tua tengganai, tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh pemuda.

Satu hal yang menjadi ciri khas mantan Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jambi adalah, setiap ke daerah dia acapkali bawa uang tunai.

Zulkifli Nurdin didamping Ratu Munawwaroh usai tiba di Bandara Sultan Thaha, Kamis (21/3) siang
Zulkifli Nurdin didamping Ratu Munawwaroh usai tiba di Bandara Sultan Thaha, Kamis (21/3) siang (TRIBUNJAMBI/RAHIMIN)

Baca Juga:

Zulkifli Nurdin Ayah Zumi Zola Wafat dan Dikebumikan di Jambi, Beginilah Suasana Rumah Duka

 Zulkifli Nurdin Wafat karena Diabetes, Berikut Bahaya Penyakit Ini, dan Cara Mudah Atur Gula Darah

Hal remeh temeh semisal bantuan beli alat-alat olahraga bisa dibantu langsung di tempat dengan uang tunai. Di bidang politik, semasa dirinya menjadi pimpinan PAN, selama itu pula partai matahari terbit ini menjadi pemenang Pemilu di Provinsi Jambi.

Masih banyak jasa-jasa beliau selama memimpin Provinsi Jambi. Dia juga sangat perhatian terhadap kegiatan berkesenian Jambi. Seperti yang dilakukannya terhadap bangunan Taman Budaya Jambi (TBJ). Dia boleh dikatakan mendukung kegiatan para seniman yang mau tampil atau ada kegiatan di luar.

Selama jalan Bang H Zulkifli Nurdin, kau sudah banyak memberi sumbangsih untuk Provinsi Jambi. Semoga apa yang sudah kau perbuat untuk Provinsi Jambi kelak di akhirat akan mendapat balasan dari Allah SWT. (*)

Penulis: ridwan
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved