7 Anggota DPRD Sarolangun Pindah Parpol, Cek Endra: Jangan Sampai Ganggu Kepentingan Masyarakat

“Kita sudah menerima surat pernyataan dari tujuh anggota DPRD yang pindah partai termasuk surat pernyataan dari ..."

7 Anggota DPRD Sarolangun Pindah Parpol, Cek Endra: Jangan Sampai Ganggu Kepentingan Masyarakat
Tribun Jambi/Wahyu Herliyanto
Bupati Sarolangun, Cek Endra. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyato

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Sebanyak 351 calon legislatif (caleg) masuk Daftar Calon Tetap (DCT) di KPUD Kabupaten Sarolangun. Dari jumlah itu, terdeteksi ada 7 anggota DPRD Sarolangun yang masih aktif, namun pindah partai politik pada Pileg 2019.

Ketua KPUD Sarolangun, Muhammad Fakhri, mengatakan terkait adanya tujuh anggota DPRD aktif dan pindah parpol, jika mengacu pada PKPU Nomor 20/2018, Pasal 27ayat (5), berbunyi anggota DPRD yang pindah partai, maka wajib menyerahkan SK pemberhentian satu hari sebelum penetapan DCT. Sedangkan diayat 6 berbunyi, jika SK pemberhentian belum diterima oleh calon, maka yang bersangkutan membuat surat perjanjian, bahwa surat pemberhentiannya belum diterima dan itu di luar kemampuan calon.

“Kita sudah menerima surat pernyataan dari tujuh anggota DPRD yang pindah partai termasuk surat pernyataan dari PNS yang sedangkan mengusulakn SK pensiun,” ujarnya.

Sementara surat usulan Bupati Sarolangun terkait pergantian antar waktu (PAW) 7 orang anggota DPRD Sarolangun yang pindah partai ditujukan kepada Gubernur Jambi masih menuai polemik di kalangan Anggota DPRD sendiri.

Saat dikonfirmasi, Sekda Sarolangun, Thabroni Rozali, mengatakan bahwa surat usulan pergantian antar waktu (PAW) sudah disampaikan kepada Gubernur Jambi.

“Surat usulan PAW sudah diantar ke Gubernur Jambi pada 24 September 2018,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, pengusulan PAW murni menjalankan amanah PP Nomor 12/2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota serta surat Mendagri Nomor: 160/6324/Otda tanggal 13 Agustus 2018.

Pengusulan PAW dilakukan agar pembahasan APBD 2019 bisa berjalan dengan semestinya dan tidak ada hambatan. “Sebagai penyelenggara negara tentu harus patuh terhadap aturan,” ucap Sekda

Sebelumnya, Ketua DPRD Sarolangun, Muhammad Syaihu, yang masuk dalam daftar tujuh caleg pindah parpol ini mengakui bila ke tujuh anggota DPRD tersebut siap di PAW. Namun, harus mengikuti aturan yang ada sesuai dengan PP Nomor 12/2018 tentang Pedoman Tatib DPRD Kabupaten/Kota.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved