Pembukaan MTQ ke 15 Kabupaten Tanjabtim Berlangsung Meriah

Kegiatan pembukaan MTQ ini juga dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda dan ribuan masyarakat Kecamatan Dendang.

Pembukaan MTQ ke 15 Kabupaten Tanjabtim Berlangsung Meriah
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI
Pembukaan MTQ ke 15 tingkat kabupaten Tanjabtim 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Bupati Tanjung Jabung Timur, Romi Hariyanto, membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Timur, yang digelar di lapangan kantor camat, Kecamatan Dendang, Selasa (18/9) malam.

Pembukaan MTQ ke 15 Kabupaten Tanjabtim, ini berlangsung khidmat dan semarak. Pembukaan MTQ ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanjabtim, Jamrizal, didampingi Bupati dan Wakil Bupati Tanjabtim.

Baca: 511 Kafilah Bertanding Pada MTQ ke 15 Tanjung Jabung Timur

Kegiatan pembukaan MTQ ini juga dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda dan ribuan masyarakat Kecamatan Dendang.

Kemeriahan acara bertambah saat penampilan tarian masal oleh siswa-siswi dari Kecamatan Dendang, serta penampilan defile dari 511 orang peserta dari sebelas kafilah kecamatan se-kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Baca: 200 ASN Ikuti Uji Kompetensi Jabatan Pelaksana

Bupati Tanjung Jabung Timur H Romi Hariyanto dalam sambutannya Mengatakan, Melalui pelaksanaan MTQ ke 15 tingkat Kabupaten Tanjabtim ini, Bupati berharap dapat melahirkan Qori' dan Qori'ah asli putra daerah Tanjabtim yang dapat mewakili serta mengharumkan nama Kabupaten Tanjabtim di tingkat Provinsi maupun di kancah Nasional dan internasional.

Baca: Romi Harap MTQ Ke 15 Ini Dapat Melahirkan Qori Qoriah Handal

"Pada MTQ tingkat Provinsi tahun ini, Alhamdululillah kita bisa meraih juara umum. Dan, saya berharap pada MTQ tahun depan yang akan digelar di Kabupaten Bungo kita dapat mempertahankan itu, dan yang terpenting Qori' dan Qori'ah yang kita bawa adalah asli putra daerah Tanjabtim. Itu harga mati," papar Romi.

Selain itu Bupati Romi menginginkan kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten yang berlangsung 18-20 April 2018 tersebut dapat tersosialiasi ke seluruh pelosok kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Baca: Formasi CPNS 2018 BPS, Terima 317 Lowongan Penempatan Seluruh Indonesia, Cek di Sini Persyaratannya

Kegiatan MTQ ini diharapkanjuga dapat membawa masyarakat Tanjabtim untuk berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran baik itu dalam upaya pembangunan daerah maupun perekonomian masyarakat.

Romi juga tak lupa berpesan kepada para dewan hakim untuk dapat bertindak netral dalam penilaian MTQ nantinya. Romi optimistis penilaian dalam perlombaan tilawatil Alquran ini dapat lebih transparan karena Dewan Hakim bertanggung jawab pada Alquran.

Baca: Permen Air Kelapa H-R Asal Desa Senaung, Rasanya Enak 

Sementara itu, pada MTQ Ke 15 Tingkat Kabupaten Tanjabtim tahun 2018 ini memperlombakan sejumlah cabang perlombaan diantaranya, cabang tilawah anak-anak, tartil, dan Qiraat Alquran, Cabang tilawah remaja, dewasa, Cabang fahmil, syahril, dan MMQ, Cabang tafsir Alquran ( bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris ), Cabang tahfizh, Cabang khatil, Cabang barzanji.

Baca: Status Pernikahan Orangtua Bayi Malang di Sridadi Cuma Nikah Sirih

Sedikitnya 511 Orang kafilah dan termasuk Official dari 11 Kecamatan se Kabupaten Tanjung Jabung Timur yan ikut bekompetisi dengan rincian Kecamatan Muara Sabak Timur 55 kafilah, Kecamatan Muara Sabak Barat 65 kafilah, Kecamatan Dendang 46 kafilah, Kecamatan Berbak 40 kafilah, Kecamatan Rantau Rasau 35 kafilah, Kecamatan Nipah Panjang 54 kafilah, Kecamatan Sadu 43 kafilah, Kecamatan Kuala Jambi 53 kafilah, Kecamatan Mendahara Ulu 40 kafilah, Kecamatan Mendahara 40 kafilah, serta Kecamatan Geragai 40 kafilah.

Para peserta dimondokkan oleh panitia di rumah-rumah warga yang tak jauh dari lokasi.(*)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved