Kesehatan

Sperma Keluar saat Buang Air Kecil, Normalkah Dok?

Tanpa disadari, terkadang saat buang air kecil (BAK) sperma atau sering juga disebut air mani ikut keluar. Sebagian pria menganggap

Sperma Keluar saat Buang Air Kecil, Normalkah Dok?
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM - Tanpa disadari, terkadang saat buang air kecil (BAK) sperma atau sering juga disebut air mani ikut keluar. Sebagian pria menganggap hal biasa, namun ada juga yang merasa khawatir dianggap sebagai penyakit.

Salah satunya diungkapkan pria berusia 19 tahun yang mengirimkan pertanyaan ke web klikdokter.com. Berikut pertanyaannya:

Dok waktu sekitaran 1 Atau 2 tahun yang lalu saya pernah buang air kecil terus keluar seperti jelly dok seperti sperma tetapi sampai saat ini tidak pernah keluar lagi dan sering juga waktu itu mohon maaf penis saya lagi ereksi terus saya kencing keluar seperti lendir bening apakah itu normal dok?

Baca: Mereka Harus Berhubungan Intim dengan Pria Lebih Tua Demi Dapatkan Produk Kewanitaan

Pertanyaan itu kemudian dijawab dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari klikdokter.com sebagai berikut:

"Keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan adalah keluarnya air mani," ujar dr. Alberta.

Kebocoran katup air mani atau istilah medisnya dikenal dengan nama spermatorhea adalah suatu keadaan keluarnya air mani (semen) tanpa disengaja atau tanpa adanya hubungan seksual yang disadari oleh penderita. Penyebab tersering dari spermatorrhea adalah:

1. Karena seringnya masturbasi, atau stimulasi dari menonton tv atau buku yang berhubungan dengan pornografi.

2. peradangan pada organ genital

3. Kondisi fisik atau psikis yang lemah, bisa menyebabkan disfungsi organ yang menyebabkan pusat otak hilang kontrol kepada pusat seks.

Baca: 5 Penyebab Perut Tetap Buncit, Meski Sudah Berolahraga

Baca: Kecewa Istri Lahirkan Bayi Perempuan Lagi, Pria Ini Ditangkap setelah Lakukan Kekerasan Ini

Jika penyebabnya adalah seringnya masturbasi, Anda bisa mengurangi kegiatan tersebut. "Jika karena peradangan saran kami Anda berkonsultasi langsung kepada dokter spesialis Andrologi untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung," saran Alberta.

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved