KM Berkat Anugrah Tenggelam di Tanjung Kelit, Camat Nipah Panjang Urus Kepulangan 4 ABK Warga Nipah

Saat ini untuk proses pemulangan pihak Kecamatan Nipah masih menunggu dan terus berkoordinasi dengan pemerintahan Kabupaten Lingga.

KM Berkat Anugrah Tenggelam di Tanjung Kelit, Camat Nipah Panjang Urus Kepulangan 4 ABK Warga Nipah
istimewa
kapal motor dari Nipah Panjang bermuatan paisang yang tenggelam di perairan Selat Tanjung Kelit 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Kapal Motor KM Berkat Anugerah yang mengangkut buah pisang dan kelapa serta membawa 9 penumpang dan 4 ABK kapal, yang tenggelam di perairan Lingga pada minggu (24/6) kemarin, saat ini masih berada di Lingga.

Menurut keterangan Camat Nipah Panjang Kamaruddin, saat dikonfirmasi Tribunjambi.com, mengatakan sampai saat ini untuk proses pemulangan pihak Kecamatan Nipah masih menunggu dan terus berkoordinasi dengan pemerintahan Kabupaten Lingga.

"Saat ini masih proses dan kami masih menunggu. Dan kami Masih terus berkoordinasi," kata Camat Nipah Panjang Kamaruddin via ponsel, pada senin (25/6).

Dikatakannya, dari hasil koordinasi dari 13 penumpang ternyata hanya empat orang yang merupakan warga nipah panjang. Sedangkan 9 orang lainnya merupakan warga Batam.

"Empat orang itu adalah ABK nya. Dan itulah yang warga Nipah. Tetapi kita tetap urus juga," ujar Kamaruddin.

Seperti diketahui pada Sabtu (23/6) sekira pukul 21.00 wib KM. Berkat Anugrah GT.20 dengan nakhoda H Haris bertolak dari Nipah Panjang Jambi tujuan Pelabuhan Bagan Piayu Kecamatan Sei Beduk Batam dengan muatan 10 ton kelapa bulat, lima ton pisang, dan 13 orang penumpang.

Setiba nya di perairan Pulun Kecamatan Daik Kabupaten Lingga pada (24/6) sekira pukul 07.20 Wib, kapal tersebut dihempas gelombang besar yang disertai angin barat dan hujan dengan intensitas sedang, sehingga   kapal terbalik dan tenggelam.

Kemudian sekitar pukul 12.30 wib ditemukan beberapa orang yang terobang ambing di perairan Pulun. Saat itu melintas kapal Mv.Oceanna 10 kemudian dilakukan upaya pertolongan dan penyelamatan oleh crew Mv. Oceanna 10 dan AKP Felix Mauk.

Dalam evakuasi tersebut berhasil diselamatkan 12 orang (11 orang selamat dan 1 org meninggal dunia). Kemudian dievakuasi ke pelabuhan Tanjung Kelit Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga.

Saat ini para penumpang berada di pelabuhan Tanjung Kelit Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga dan mendapatkan penanganan medis.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved