Breaking News:

Siapkan Uang Tunai Untuk Ramadan dan Idul Fitri, Ini Imbauan Kepala Kantor Perwakilan BI Jambi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode Ramadan dan Idul Fitri

TRIBUN JAMBI/MUZAKKIR
Penukaran uang di BI Jambi 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode Ramadan dan Idul Fitri 1439H /2018M (12 April s.d 8 Juni 2018) sebesar Rp2,27 triliun atau meningkat 12,14 persen dari realisasi outflow periode Ramadan dan Idul Fitri tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,03 triliun. Mengantisipasi kebutuhan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mempersiapkan uang tunai dengan jumlah yang mencukupi, baik dari sisi nominal maupun denominasi.

Baca: TANYA USTAZ: Bolehkah Memeluk Istri Ketika Berpuasa?

Mengantisipasi kebutuhan uang masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 1439H/2018M, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah mempersiapkan kecukupan uang tunai, dengan cara mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di kota Jambi maupun luar kota Jambi. Sebagaimana halnya siklus tahunan, selama periode Ramadan menjelang Idul Fitri umumnya terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat.

Sampai dengan tanggal 18 Mei 2018, realisasi outflow atau penarikan uang oleh perbankan di Kota Jambi termasuk dropping kas titipan Bank Indonesia (Muaro Bungo, Kuala Tungkal, dan Sarolangun) adalah sebesar Rp927,703 Miliar atau 41,15 persen dari proyeksi kebutuhan uang.

Untuk pelayanan penukaran uang, tidak tersedia di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah bekerjasama dengan 35 kantor bank umum di Kota Jambi untuk melayani penukaran uang kepada masyarakat tanpa dipungut biaya dengan waktu operasional setiap hari kerja, mulai pukul 09.30 s/d 13.00 WIB dari tanggal 16 Mei 2018 s/d 7 Juni 2018.

Baca: Budidaya: Kami Masih Tunggu Koordinasi dengan PT. EBN

Baca: Pingin Punya Banyak Anak?  Pria Ini Akhirnya Menyadari Pertaruhan Nyawa Seorang Wanita

Tidak hanya itu, kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi melakukan pelayanan penukaran uang pecahan kecil melalui kas titipan di tiga lokasi yaitu PT Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Muaro Bungo, PT Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Kuala Tungkal - Tanjung Jabung Barat, dan PT BPD Jambi Kantor Cabang Sarolangun.

Adapun waktu operasional setiap hari kerja mulai pukul 09.30 s/d 13.00 WIB dari tanggal 16 Mei 2018 s/d 7 Juni 2018.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi juga melakukan pelayanan penukaran uang pecahan kecil melalui mobil kas keliling baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan 6 bank umum yaitu BNI, BRI, Mandiri, Bank Jambi, BNI Syariah dan Maybank di Kota Jambi.

Bayu Martanto selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mengimbau pada masyarakat hendaknya melakukan penukaran uang rupiah di loket resmi yang telah ditetapkan tersebut agar terhindar dari peredaran uang palsu, pemotongan atau pengenaan biaya dalam penukaran.

Baca: Diam-diam, Ternyata Fasha Telah Berupaya Selesaikan Permasalahan City Gas

Baca: VIDEO: Merapi Kembali Meletus Freatik, Lihat Kolom Capai 1.200 Meter dengan Durasi 6 Menit

Baca: Komari: Tugas Kita Hanya Merelokasi, Terkait Harga Ruko kita Tidak Tau

"Berhati-hati juga melakukan transaksi tunai dan teliti uang rupiah yang diterima dengan teknik 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang)," ujarnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar memperlakukan dan merawat Rupiah dengan baik melalui 5 JANGAN, Jangan Dicoret, Jangan Disetepler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi dan Jangan Dilipat. Juga  Berhati-hati dalam membawa uang tunai yang cukup besar guna menghindari perampokan, pencurian, dan kejahatan sejenis.

"Meningkatkan penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) untuk menghindari risiko membawa uang tunai dalam jumlah besar," pungkasnya.

Baca: Diam-diam, Ternyata Fasha Telah Berupaya Selesaikan Permasalahan City Gas

Baca: Komunitas Motor Honda Jambi Ikuti Kompetisi Keselamatan Berkendara, Inilah Pemenangnya

Baca: Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga Perseorangan Jambi Capai 10,50 Persen

Baca: Yamaha Lexi Hadirkan Konsep Smart & Sexy

Penulis: Fitri Amalia
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved