Breaking News:

Ini yang Bakal Terjadi Jika Kita Sering Menahan Pipis!

Tahukah Anda? Kandung kemih orang dewasa bisa menampung setengah liter (dua gelas) urine sebelum Anda merasa ingin

shanghaiist
Ilustrasi pipis 

TRIBUNJAMBI.COM - Tahukah Anda? Kandung kemih orang dewasa bisa menampung setengah liter (dua gelas) urine sebelum Anda merasa ingin ‘mengeluarkannya’.

Tubuh Anda tahu berapa banyak urine yang sudah ada di sana. Sebab, kandung kemih dipenuhi dengan reseptor mungil yang akan mengirim pesan ke otak apabila ia sudah mencapai kapasitas.

Untungnya, sebagian besar orang bisa mengontrol fungsi kandung kemihnya. Jadi, ketika menerima pesan dari reseptor, Anda bisa memilih apakah ingin langsung mengeluarkannya atau menahan kencing karena letak kamar mandi terlalu jauh dari posisi Anda saat ini.

Baca: Mark Zuckerberg Akui Facebook Salah dalam Hal Perlindungan Data Penggunanya Hingga Bocor

Namun, apa yang akan terjadi pada tubuh jika Anda tidak langsung buang air kecil?

Dalam sebuah episode SciShow, Michael menjelaskan bahwa ketika kita memutuskan untuk menahan kencing, sfingster silindris – kumpulan serabut otot yang bekerja untuk menutup atau membuka jalur alamiah pada tubuh – di kandung kemih Anda tertutup erat agar urine tidak bocor melalui uretra.

Otot kecil ini melakukan kerjanya dengan baik. Namun, jika membuatnya melakukan hal tersebut dengan sering dalam jangka waktu yang lama, Anda mengorbankan diri untuk masalah kesehatan yang serius. Yakni, risiko infeksi yang tinggi.

Baca: 4 Zodiak yang Terkenal Pemalas, Kamukah Salah Satunya?

Terus-menerus menahan kencing bisa melemahkan otot kandung kemih. Itu akan menyebabkan retensi urine – sebuah kondisi yang membuat Anda sulit mengosongkan kandung kemih saat buang air kecil. Sering kali Anda merasa terdesak ingin buang air kecil, tetapi urine tidak bisa keluar.

Menahan kencing dalam jumlah besar juga bisa mengekspos tubuh Anda terhadap bakteri berbahaya yang bisa meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih.

Halaman
12
Editor: Suci Rahayu PK
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved