Susunan Acara Dalam Tiga Bahasa, AJB: Kenduri Sko Kumun Debai Unik

...dilaksanakan masyarakat Kumun Debai lima tahun sekali. Kegiatan ini, merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan

Susunan Acara Dalam Tiga Bahasa, AJB: Kenduri Sko Kumun Debai Unik
Tribun Jambi
Kenduri adat (sko) Kecamatan Kumun Debai, Minggu (4/3), meriah dan sukses. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendridede Putra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIENUH- Kenduri adat (sko) Kecamatan Kumun Debai, Minggu (4/3), meriah dan sukses.

Ketua panitia pelaksana, Munasri menyebutkan acara yang sakral ini, dilaksanakan masyarakat Kumun Debai lima tahun sekali. Kegiatan ini, merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Ke depan, semoga hasil panen, persatuan dan kesatuan masyarakat Kumun Debai terus meningkat.
"Suksesnya kegiatan tidak terlepas dukungan semua lapisan masyarakat, dan seluruh tokoh masyarakat, baik didalam dan diuar daerah," ungkap Munasri.

Sementara itu, atas nama pengurus adat dan tokoh masyatakat Kumun debai, Murady Darmansyah, Gelar DPT Sampurno Bumi Putih, menyebutkan kegiatan ini guna menyemangatkan dan mengenang kembali pendiri Kecamatan Kumun debai.

"Terimakasih atas dukungan Pemerintah Kota Sungai Penuh, yang telah memberi bimbingan sehingga kegiatan peringatan, khususnya kenduri sko bisa berjalan baik sukses," sebut Muradi.

Dia berharap dukungan masyarakat Kumun debai, terhadap pembangunan di Sungai Penuh, sehingga bisa lebih maju di semua sektor, khususnya bidang pariwisata.

Muradi berharap kenduri sko bisa menjadi ajang promosi pariwisata, dan dinas pariwisata berperan, sehingga acara kenduri sko bisa dikenal tingkat nasional.

Kenduri sko yang dipusatkan di lapangan SMPN 6 Kumun itu diawali pemukulan gong kehormatan oleh Wako AJB, dilanjutkan dengan prosesi adat pelantikan calon Depati Ninik mamak wilayah ajun arah depati IV Kumun Debai. Selain itu juga ditampilkan beragam atraksi tarian yang mengundang decak kagum.

Wako AJB yang bergelar Depati Rajo Alam Negeri dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Kenduri Sko yang menurutnya sangat orisinal dan unik.

Halaman
12
Penulis: hendri dede
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved