Breaking News:

Pilkades

Pilkades Mendatang Digelar Serentak dengan Sistem E-Voting

Jelang pilkades serentak pada Juni mendatang, Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun gencar

Penulis: Teguh Suprayitno | Editor: Fifi Suryani
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Jelang pilkades serentak pada Juni mendatang, Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun gencar turun ke desa-desa dalam melakukan perekaman e-KTP.

Kadis Dukcapil, Helmi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sarolangun, untuk melakukan perekaman dan percetakan e-KTP warga desa yang ikut Pilkades.

Baca: GALERI FOTO: Penangkapan 7 Terduga PSK di Rimbo Bujang, Usia dari 23-44 Tahun

Ia menjelaskan, pada Juni tahun ini ada 39 desa yang akan mengikuti pelaksanaan pilkades serentak secara online atau sistem e-voting, sehingga warga harus memiliki e-KTP sebagai syarat untuk memilih.

"Pemdes kemarin koordinasi dengan kita, agar perekaman di desa yang melaksanakan pilkades untuk diprioritaskan. jadi dimana desa yang ikut pilkades kita akan genjot dan proses perekaman dan percetakan secepat mungkin, " katanya, Rabu (21/2).

Kata Helmi, saat ini pihak Dukcapil sudah turun ke sejumlah desa, seperti di Desa Mentawak Ulu, Desa Bernai Dalam, Desa Dusun Baru, Desa Pulau Aro, Desa Jati Baru serta Desa Pasar Singkut. "Kami tiap hari turun, kemarin di Desa Dusun Baru Kecamatan Air Hitam, karena pada eksekusinya PMD, dan akan jadi prioritas kita menjelang pilkades, Insyaallah akhir April sudah harus clear, " jelasnya.

Baca: TKI Tewas setelah 1 Bulan Tidur dengan Anjing, Pengadilan Dakwa Wanita Ini Pelakunya

Baca: Tak Hadir Paripurna, Pjs Bupati Akan Ingatkan OPD

Seperti di Desa Pasar Singkut, pada Senin kemarin, pihaknya menyerahkan 269 e-KTP kepada warga dan melakukan perekaman untuk 60 orang dan dalam waktu dekat ini akan diselesaikan.

Sementara itu, Kadis PMD Ahmad Zaidan, mengaku sangat terbantu dengan dukungan Dukcapil dalam melaksanakan perekaman dan percetakan e-KTP di desa yang akan mengikuti pilkades. Ia berharap pelaksanaan pilkades mendatang bisa berjalan dengan lancar.

" Ya, kita sudah berkoordinasi dengan Dukcapil, Alhamdulillah ditanggapi dengan baik. kita sangat berterima kasih atas dukungan itu, serta atas kerja sama dari Dukcapil. InsyaAllah bulan Juni, akan dilakukan Pilkades serentak," pungkasnya.

Baca: Inilah 7 PSK yang Diamankan di Rimbo Bujang, Tak Hanya Berasal dari Jambi

Baca: Tak Hadir Paripurna, Pjs Bupati Akan Ingatkan OPD

Baca: Soal MCK di Porprov Tebo Nanti, Ini Kata Kadispora

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved