VIDEO: Modal Rp 10 Ribu, Ibu Zaitun Raih Omzet Jutaan Rupiah Perbulan

Awalnya dari Rp 10 ribu dan dari 1/5 kilogram tepung beras Zaitun nama lengkapnya mencoba peruntungannya di dunia UMKM."Dari 1/5 kilogram itu per biji

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Niko Firsyah

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Awalnya dari Rp 10 ribu dan dari 1/5 kilogram tepung beras Zaitun nama lengkapnya mencoba peruntungannya di dunia UMKM."Dari 1/5 kilogram itu per bijinya dapat 75 keeping peyek. Semua itu saya lakukan secara otodidak,"katanya.

Pemilik Peyek Ilham ini menjelaskan dulunya tidak bisa sama sekali membuat peyek, sambil megenang masalalu ia bercerita suatu malam dirinya berpikir apa yang bisa dibuat untuk menghasilkan uang demi menambah ekonomi keluarga.

Dan saat itu ia mengatakan terbayang dengan melihat produk peyek pertama di Jambi dan ingin membuatnya agar bisa mendapatkan tambahan uang."Saya waktu itu pergi dan masuk ke supermarket ada jual peyek dalam bentuk kemasan dari situ saya lihat perhatikan bentuknya dan pada saat itu juga saya coba buat dengan bumbu sendiri, "Katanya.

Ia mengatakan pertama kali membuat peyek tidak berjalan lancar dari 1/5 kilogram mendapatkan hasil 90 biji."Tetapi dari 90 biji itu yang rusak pertama sekitar 15 biji jadi bisa dapat hanya 75 biji,"ujarnya.

Ia mengatakan setalah berhasil membuat peyek dirinya memikirkan kemasan dalam penjualan peyek."Dulu saya beli plastik ukurannya 1/4 harga lima ratus rupiah, itu hanya muat 2 keping peyek saja,"ucapnya.

Zaitun menjelaskan waktu itu penjualannya hanya sebatas ketoko toko kelontong dekat rumah."Sehari bisa sebar atau titip ketoko kelontong 25 bungkus dengan harga Rp 2.500,"katanya.

Dari sana ia menjelaskan modal Rp 10 ribu dalam seharinya bisa mendapatkan untung sebesar Rp 7 ribu.

Lama kelamaan ia mengatakan permintaan toko terus meningkat karena sehari dan dua hari peyeknya selalu habis terjual. karena itu lah ia mengatakan meningkatkan produksinya untuk lebih banyak lagi."Dalam sehari bisa dari setengah kilogram saya tingkat kan jadi dua kilogram hingga 8 kilogram tepung berasal dalam sehari untuk pembuatan peyeknya,"ujarnya.

Karena sudah ramai peminatnya ia mengatakan usaha ini berkembang dan dirinya mempunyai karyawan sebanyak satu orang dan ditahun yang sama 2004 dirinya langsung membuat izin dinkes untuk usahanya tersebut.

Halaman
12
Tags
omzet
UMKM
Penulis: Niko Firmansyah
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved