Breaking News:

Wah, Unja Rencana Bikin Pembangkit Listrik Solar

"Disini kami berusaha mengajukan ke pemerintah pusat supaya mendapatkan tambahan anggaran untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya,"

Penulis: Niko Firmansyah | Editor: Edmundus Duanto AS
Antara
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Niko Firmansyah

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Universitas Jambi (Unja) berupaya membangun pembangkit listrik tenaga surya. Itu merupakan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan potensial dikembangkan di lingkungan perguruan tinggi.

Rektor Unja, Johni Najwan, mengatakan tujuan pembangunan pembangkit listrik itu untuk mengatasi persolaan defisit daya listrik di Jambi, yang juga berdampak terhadap Unja. "Energi solar sistem atau pembangkit listrik tenaga surya ini, upaya agar memenuhi pasokan daya listrik di lingkungan perguruan tinggi," katanya, beberapa waktu lalu.

"Disini kami berusaha mengajukan ke pemerintah pusat supaya mendapatkan tambahan anggaran untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya," lanjutnya.

"Dari perhitungan para ahli, jika nanti sudah dibangun dan dimanfaatkan, bisa juga dijual ke masyarakat di sekitar sini, dengan bekerjasama dengan pihak PLN. Untuk dayanya, nanti kita lihat seberapa besarnya,"kata Johni.

Dia berharap dengan pembangunan pembangkit listrik, lingkungan kampus Unja Mendalo dan Muarojambi, tidak ada lagi kekuarangan pasokan daya. "Setelah surplus listrik di Unja terpenuhi, kita nanti berupaya bekerjasama dengan PLN untuk memasok listrik kepada masyarakat," katanya.

Selain mengajukan tambahan anggaran ke pemerintah pusat, pembangunan pembangkit listrik itu nantinya didukung melalui anggaran dana hibah yang bersumber dari Islam Development Bank (IDB). "Insya Allah tahun depan bisa dibangun. Kita usahakan semua yang direncanakan berjalan dengan baik dan prosesnya bisa dipermudah," tutupnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved