E KTP

Maret Blanko E-KTP Tersedia di Kerinci

Setelah terjadi kekosongan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sejak September 2016 Dinas Kependudukan

Maret Blanko E-KTP Tersedia di Kerinci
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Blanko E-KTP habis 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Setelah terjadi kekosongan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sejak September 2016 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil) kabupaten Kerinci menyampaikan bulan depan blanko sudah tersedia.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kerinci, Hakiman mengatakan kemungkinan blanko e-KTP dari pemerintah pusat tersebut bakal disalurkan ke daerah Maret 2017. "Kemungkinan Maret sudah ada blankonya, kita tunggu saja, karena kita juga menginginkan sesegara mungkin masuk ke Kerinci," katanya Minggu (19/2).

Namun saat ini pihaknya masih menerbitkan Surat Keterangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai pengganti e-KTP. "Kita hanya bisa menerbitkan surat keterangan sebagai pengganti e-KTP, kan Surat itu berlaku selama 6 bulan," jelasnya.

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Kerinci, Nafritman menambahkan surat keterangan pengganti sementara e-KTP tersebut memiliki fungsi yang sama dengan e-KTP. "Surat keterangan pengganti e-KTP tersebut kita terbitkan semenjak blangko e-KTP kita habis," kata Nafritman.

Menurutnya, surat keterangan pengganti e-KTP dapat digunakan untuk kepengurusan administrasi maupun keperluan lainnya sebagaimana kegunaan e-KTP.

Kendati demikian, surat tersebut hanya diperuntukkan bagi pemohon yang sudah melakukan perekaman. "Ini khusus yang sudah merekam, dan masa berlakunya sampai 6 bulan sejak diterbitkan," ungkapnya.

Sedangkan untuk perekaman e-KTP di Kabupaten Kerinci hingga November lalu, dari jumlah penduduk wajib e-KTP 174.391 orang. Yang sudah melakukan perekaman sebanyak 159.874 orang. Sehingga perekaman e-KTP di Kabupaten Kerinci masih asa sekitar 20 persen belum lakukam perekaman E-ktp.

"Sudah mencapai 80 persen pekaman e- KTP sampai saat ini yakni 159.874 orang. Kalau untuk yang belum rekaman sebanyak 14.517 orang," sebutnya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved