Bungo Dimekarkan jadi Tiga, Tim Pemekaran Dibentuk Setelah RPJMD

kini muncul wacana atau rencana untuk memekarkan Kabupaten Bungo menjadi tiga, diantaranya Kabupaten Bungo Barat, Bungo Selatan dan Kota Muara Bungo.

Bungo Dimekarkan jadi Tiga, Tim Pemekaran Dibentuk Setelah RPJMD
TRIBUNJAMBI/AWANG AZHARI
Wakil Bupati Bungo, Safrudin Dwi Apriyanto 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Rencana pemekaran Kabupaten Bungo kembali mengemuka setelah Wakil Bupati Bungo Safrudin Dwi Apriyanto diundang Komite I DPD RI untuk membicarakan soal rencana Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut.

Namun rupanya jalan yang mesti dilalui tak sesederhana itu, karena di daerah kini muncul wacana atau rencana untuk memekarkan Kabupaten Bungo menjadi tiga, diantaranya Kabupaten Bungo Barat, Bungo Selatan dan Kota Muara Bungo.

Hal ini kata pihak Komisi I DPRD Bungo, Mahili (leading sektor terkait proses pemekaran) yang harus dibicarakan dulu di tingkat kabupaten.

"Artinya proses pemekaran ini bukan kita menunggu langkah yang sudah ada di DPD, tapi kita menunggu dulu hasil kesepakatan di daerah ini," kata Mahili kepada Tribun, Rabu (5/10).

‎Jika memang nanti disepakati bahwa pemekaran DOB nya Kota Muara Bungo saja maka tidak perlu ulang dari nol, tinggal mengikuti proses yang sudah berjalan di pusat. Hanya tinggal memenuhi beberapa syarakat tambahan.

Namun, jika nanti terpaksa harus mengajukan dua DOB atau kabupaten ini dimekarkan menjadi tiga, maka mau tidak mau harus mengulang dari nol. "Itu nanti sesuai dinamika."

‎Pada intinya, sebut politisi yang periode sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Bungo tersebut, pemerintah baik eksekutif dan legislatif sudah berkomitmen untuk terwujudnya pemekaran.

"Yang jelas di draf RPJMD sudah dituangkan, nanti setelah selesai RPJMD langsung dibentuk Tim Pemekaran. Artinya pemerintahan sekarang berkomitmen untuk meneruskan (proses pemekaran)," tukas kader PAN tersebut.

Penulis: awang
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved