G20 Sepakati 7 Jurus Pemulihan Ekonomi Global

Pertemuan Menteri Perdagangan G-20 sepakat meningkatkan perdagangan global, mengobati lambatnya

G20 Sepakati 7 Jurus Pemulihan Ekonomi Global
Wikipedia

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pertemuan Menteri Perdagangan G-20 sepakat meningkatkan perdagangan global, mengobati lambatnya pemulihan ekonomi dunia. Setidaknya, 20 negara ini sepakat menyiapkan stimulus tujuh langkah konkret yang tertuang dalam G20 Strategy for Global Trade Growth (SGTG).

“Para menteri yang membidangi perdagangan di negara-negara anggota G-20 setuju untuk bekerja lebih keras lagi agar dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Menteri Perdagagan Thomas Trikasih Lembong, Kamis (14/7).

Thomas menjelaskan, ketujuh langkah tersebut yakni: mengurangi biaya perdagangan, memanfaatkan koherensi kebijakan perdagangan dan investasi, dan mendorong perdagangan jasa.

Selain itu, meningkatkan pembiayaan perdagangan, mengembangkan trade outlook index, mendukung pengembangan e-commerce, serta menangani perdagangan dan pembangunan.

Para menteri perdagangan ini berharap, mendatang tidak ada lagi langkah pembatasan perdagangan, setidaknya hingga 2018. Selain itu, menargetkan seluruh negara anggota G-20 untuk mengurangi biaya perdagangan yang salah satunya melalui komitmen penyelesaian proses ratifikasi Trade Facilitation Agreement (TFA) WTO pada akhir 2016.

Menteri Perdagangan Tom mengklaim, langkah yang telah dilakukan Indonesia sudah tepat bagi peningkatan pertumbuhan perdagangan dan investasi, yakni melalui paket reformasi kebijakan ekonomi yang telah berangsung 12 kali, dan mulai berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

G-20 juga akan serius meningkatkan sinergi kebijakan perdagangan dan investasi global dengan menyepakati G-20 Guiding Principles for Global Investment Policy Making sebagai sumbangan historis panduan non-binding tata aturan investasi yang pertama kali disepakati di tingkat internasional.

Hal ini, lanjut Tom, diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada investor maupun regulator, serta dapat mendorong koherensi kebijakan perdagangan dan investasi di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Wakil-wakil negara berkembang juga mengedepankan seruan untuk meningkatkan partisipasi UKM dan negara berkembang pada Global Value Chains (GVCs) dengan didukung wakil-wakil organisasi internasional yang juga memandang penting isu tersebut dalam rangka menciptakan pertumbuhan inklusif atau inclusive growth. G-20 disarankan melakukan langkah terkait regulasi, standardisasi, pengurangan biaya perdagangan, dan kemudahan berbisnis.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved