Breaking News:

1.200 Layang-layang Untuk Kodam II Sriwijaya

Sebanyak 1.200 layang-layang diterbangkan di halaman kantor gubernur Provinsi Jambi, Rabu (23/12/2015).

TRIBUNJAMBI/DEDY NURDIN
Sebanyak 1.200 layang-layang diterbangkan di halaman kantor gubernur Provinsi Jambi, Rabu (23/12/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Dedi Nurdin

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Sebanyak 1.200 layang-layang  diterbangkan di halaman kantor gubernur Provinsi Jambi, Rabu (23/12/2015).

Kegiatan ini digelar dalam rangka festival layang-layang merah putih memperingati HUT Kodam II/ Sriwijaya yang ke 70.

Seperti terlihat di halaman Kantor Gubernur Provinsi Jambi, ratusan warga dan personil di lingkungan Korem 042/Gapu mengikuti festival layang-layang.

Kecerian tampak dari wajah mereka yang hadir. Beberapa di antaranya tampak membawa anggota keluarga.

Layang-layang yang diterbangkan pun cukup beragam model. Ada yang menggunakan model pesawat perang dilengkapi suara seperti mesin dan baling-baling yang akan berputar saat diterbangkan.

Termasuk model burung dan ikan yang kesemuanya dibuat dengan dua warna, yakni merah di bagian atas dan putih di bagian bawah.

Kapten Sucipto, satu di antara peserta festival layang-layang mengaku kembali bernostalgia dengan bermain layang-layang.

Pria 54 tahun ini mengajak cucu dan istrinya pada kesempatan tersebut. Bahkan ia lupa kapan terakhir bermain layang-layang.

"Memperkenalkan kepada cucu supaya menggemari permainan layang-layang yang mulai dilupakan. Saya lupa kapan terakihr mungkin sekitar 30 tahun baru main lagi, terakhir main jaman SMP dulu," katanya.

Selain bernostalgia, ia mengaku kembali merasakan suasana keakraban di zaman ketika ia masih SMP dulu. Ia berharap, bisa menularkan keasyikan bermain layang-layang kepada cucunya.

"Intinya ada nilai keakraban, kebersamaan dalam bermain layang-layang. Ini perlu dilestarikan," katanya.

Danrem 042/Gapu mengatakan, sebanyak 1.200 layang-layang hari ini diterbangkan secara serentak, termasuk di jajaran kodim di kabupaten kota Provinsi Jambi.

"Sambil mengisi hari libur anak-anak, kita  mengenakna kembal tradisi kita menaikkan layang-layang yang mulai ditinggalkan anak-anak sekarang," kata Danrem 042/Gapu, Kol Inf Makmur.

"Bagi saya bermain layang-layang sama dengan memimpin, kadang kita harus keras, kadang kita harus lembut. Ini rangkaian kegiatan HUT Kodam II/Sriwijaya. Dilakukan serentak," katanya.

Foto-foto Dedi Nurdin. (*)

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Nani Rachmaini
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved