Dirgahayu ke-67 Kopassus, Ini Deretan Keberhasilan Prajurit Baret Merah Menjalankan Misi Penting

Komando Pasukan Khusus yang disingkat Kopassus merupakan bagian dari komando utama tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat

Dirgahayu ke-67 Kopassus, Ini Deretan Keberhasilan Prajurit Baret Merah Menjalankan Misi Penting
Tribun Jakarta
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Komando Pasukan Khusus yang disingkat Kopassus merupakan bagian dari komando utama tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat.

Hari ini Selasa 16 April 2019, merupakan hari bersejarah bagi Kopassus, sebab hari ini merupakan hari jadi Kopassus yang ke-67.

Prajurit Kopassus memiliki ciri khas yakni menggunakan Baret Merah, seingga sehingga pasukan ini sering disebut prajurit Baret Merah.

Kopassus memiliki moto "Berani, Benar, Berhasil".

Baca: AKSI Senyap Tim Biru, Tim Merah, Tim Hijau Kopassus Operasi Woyla, Drama 65 Jam Dibajak Teroris

Baca: Dirgahayu Kopassus! Pasukan Elite Inggris Dibuat Kagum dengan Kemampuan Tempur Pasukan Baret Merah!

Baca: Bermula dari Pasukan yang Dihina di Thailand, Tercetus Pasukan Ganas Sat 81 Kopassus oleh Sosok Ini

Prajurit Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Tugas Kopasus dalam Operasi Militer Perang diantaranya serangan langsung menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus).

Selain itu, Tugas Kopasus dalam operasi militer selain perang di antaranya melakukan bantuan kemanusiaan; operasi anti insurjensi, separatisme dan pemberontakan; perbantuan terhadap kepolisian/pemerintah; SAR Khusus, serta Pengamanan VVIP.

Dalam perjalanan sejarahnya, Kopassus berhasil mengukuhkan keberadaannya sebagai pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat.

Beberapa operasi yang dilakukan oleh Kopassus diantaranya adalah operasi penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI/Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora.

Ada juga penumpasan Pepera di Irian Barat, Operasi Seroja di Timor Timur, operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang-Thailand (Woyla), Operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia, serta berbagai operasi militer lainnya.

Halaman
12
Editor: suang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved