Advertorial

Unja Adakan Workshop Business Plan, Ajak Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda Kreatif dan Inovatif

Bekerja sama Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Universitas Jambi menggelar Workshop Rencana Bisnis bertema “Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia 2019

Unja Adakan Workshop Business Plan, Ajak Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda Kreatif dan Inovatif
Istimewa
Bekerja sama dengan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Universitas Jambi menggelar Workshop Rencana Bisnis dengan tema “Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019”. Acara dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir H Abdul Aziz, MSi, yang didampingi Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Dra Hj Aprillitzavivayarti, MM, Sabtu (4/6) pagi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Bekerja sama dengan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Universitas Jambi menggelar Workshop Rencana Bisnis dengan tema “Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019”.

Acara dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir H Abdul Aziz, MSi, yang didampingi Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Dra Hj Aprillitzavivayarti, MM, Sabtu (4/6) pagi.

Beberapa pemateri, antara lain Nurhadi Irbath, pengusaha muda dan career and business coach dari tim PKMI Ditjen Belmawa Ristekdikti, Dr Tipri Rose Kartika dari Tim KBMI Belmawa, dan Kasi Kewirausahaan Kemenristekdikti, Roni Rukmana.

Dalam sambutannya, wakil rektor mengatakan, “standarisasi dalam membuka usaha atau kewirausahaan mutlak diperlukan dengan harapan workshop ini bisa menambah ilmu bagi mahasiswa Unja, khususnya untuk menjadi usahawan yang inovatif”.

Selain mahasiswa Unja, workshop ini juga dihadiri peserta dari Unbari, Politeknik Jambi, STIE Muhamadiyah dan Stikom. Juga dari provinsi lain seperti Lampung, Bengkulu, Palembang dan Kota Lubuklinggau. Total peserta yang hadir sebanyak 516 orang.

Satu di antara peserta workshop dari Polteknik Lampung, ketika ditanyai pemandu acara menjelaskan motivasinya bergabung dengan workshop ini adalah untuk menggali informasi sebagai wirausaha muda yang tahun ini diselenggarakan di Unja.

Dr Tipri Rose Kartika menjelaskan peran dan strategi mahasiswa yang inovatif dan kreatif dalam berwirausaha.

“Saya harapkan setelah kalian lulus nanti bisa menciptakan lapangan kerja sendiri serta berperan aktif dalam pembangunan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kasi Kewirausahaan Kemenristekdikti Roni Rukmana dalam pemaparannya menjelaskan 7 Kebijakan Baru KBMI 2019, utamanya berbasis teknologi.

Selain itu, ditambahkannya, tujuan dari workshop ini adalah agar mahasiswa mampu membuat rencana bisnis yang baik dimulai dengan mematuhi noble purpose dan dapat menjelaskan pelanggan, produk, delivery, strategi manajemen SDM serta strategi keuangan.

“Dalam kegiatan ini, mahasiswa akan mendapatkan penjelasan program kewirausahaan dan penyusunan proposal KBMI 2019,” tandasnya.

Informasi yang diperoleh, syarat peserta terpilih untuk dapat mengikuti pelatihan Design Thinking berdasarkan profil bisnis dan noble purpose, antara lain; mahasiswa aktif program sarjana dan dliploma, daftar di laman http://sim-pkmi.ristekdikti.go.id/, mengisi secara lengkap dan benar isian form serta membuatquote berdasarkan noble purpose yang di-upload di Instagram dengan tag @dibelmawa dan menggunakan hashtag/ tagar #KBM2019 #dibelmawa.

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved