Dana Desa se Batanghari Tak Cair karena  Tidak Satupun Desa yang Punya APBDes

hingga kini dari 110 desa di Batanghari belum satupun yang menyampaikan rekapitulasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)

Dana Desa se Batanghari Tak Cair karena  Tidak Satupun Desa yang Punya APBDes
Tribunnews.com
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Dana Desa (DD) tahap pertama di Kabupaten Batanghari belum dapat disalurkan ke pemerintah desa. Pasalnya, hingga kini dari 110 desa di Batanghari belum satupun yang menyampaikan rekapitulasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) ke Bakeuda Kabupaten Batanghari.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Batanghari M Azan mengatakan, APBDes merupakan satu di antara syarat untuk pencairan DD dari kas negara ke kas daerah. "Dan rekap ini nantinya akan kami sampaikan ke Kementrian Keuangan. Namun sejauh ini belum ada desa yang menyampaikan APBDes-nya," ujar Azan, Rabu (3/4).

Azan juga menyampaikan rekapitulasi APBDes dapat disampaikan ke Kementrian Keuangan jika 75 persen desa telah menyampaikan APBDes ke badan keuangan daerah. Jika kurang dari 75 persen maka rekapitulasi APBDes belum dapat di sampaikan.

"Kita sudah berikan peringatan kepada pemerintah desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Kecamatan," kata M Azan.

Jika dilihat dari tahapan penyaluran dana desa yang dilakukan dalam tiga tahap, saat ini sudah terlambat. Seharusnya DD tahap satu telah disalurkan pada triwulan pertama, dan memasuki April sudah terdapat progres pemanfaatan DD tersebut.

M Azan menjelaskan, sistem penyaluran DD tahun 2019 ini sama dengan tahun sebelumnya yang dilakukan dalam tiga tahap.

Meski sempat diwacanakan akan dilakukan dalam dua tahap, namun petunjuk teknisnya tetap dilakukan dalam tiga tahap.

Sementara itu untuk Alokasi Dana Desa (ADD), Badan Keuangan Daerah sebut bahwa ADD telah dapat dicairkan oleh pemerintah desa. Namun pemerintah desa harus menyampaikan permohonan pencairan ADD dengan syarat melampirkan APBDes dan pengesahan pertanggungjawaban ADD tahun sebelumnya.

Total DD yang akan diterima oleh 110 desa di daerah itu pada tahun ini berjumlah Rp 98,51 miliar, meningkat Rp 8,6 miliar dari tahun sebelumnya. Sementara untuk total ADD yang akan diterima ditahun 2019 ini berjumlah Rp 100,42 miliar, meningkat sebesar Rp 1,8 miliar dari tahun sebelumnya. (adi)

Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved