Dapat Dana DAK Rp 25 Miliar, 45 Sekolah Dasar dan 9 SMP di Kota Jambi Akan Dibangun

Pemerintah Kota Jambi mendapat bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) Rp 25 miliar untuk pembangunan atau perbaikan gedung sekolah SD dan SMP.

Dapat Dana DAK Rp 25 Miliar, 45 Sekolah Dasar dan 9 SMP di Kota Jambi Akan Dibangun
tribunjambi/wahyu herliyanto
Sekolah yang terdapat di pelosok Sarolangun, yaitu Sekolah Dasar (SD) N 160 Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun kondisinya saat ini memprihatinkan. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi mendapat bantuan DAK (Dana Alokasi Khusus) Rp 25 miliar untuk pembangunan atau perbaikan gedung sekolah SD dan SMP. Pemkot Jambi juga menyediakan anggaran dari APBD untuk pembangunan ruang kelas baru (RKB).

Disampaikan oleh Arman bahwa pembangunan gedung baru tersebut akan dilaksanakan pada 2019 ini. Saat ini hanya tinggal menunggu juknis dari kementrian.

“Ini bersifat swakelola dan langsung dibangun oleh pihak sekolah. Tidak melalui Dinas lagi yang untuk DAK,” katanya.

Dari DAK sendiri tersedia anggaran Rp 25 miliar. Ini diperuntukkan bagi pembangunan di sebanyak 45 SD dan 9 SMP di Kota Jambi.

“Sebagian besar pembangunan dilaksanakan di Sekolah Dasar,” bebernya.

Baca: Earth Hour 2019, Pengunjung Swiss-Belhotel Jambi Nyanyikan lagu “Heal The World Saat Lampu Padam

Baca: Dipasok dari Medan dan Palembang, Diseperindag Pantau Peredaran Minuman Beralkohol di Kota Jambi

Baca: Pra PON 2020, Atlet Polo Air Jambi Berharap Bisa Kalahkan DKI Jakarta dan Jawa Barat

Baca: Dua Anggota DPRD Tanjab Barat Terancam Tak Bisa Dilantik Meski Menang di Pemilu 2019, Gara-gara Ini

Baca: Hasanah Bingung Tersangkut Kasus Korupsi SMK Bagimu Negeri di Tanjab Timur, Padahal Kerja di Lampung

Arman menjelaskan untuk pembangunan sekolah bersumber DAK termasuk didalamnya pembangunan RKB (Ruang Kelas Baru), rehab gedung hingga termasuk pengadaan kursi sekolah.

“Kalau DAK itu semuanya ada disana. Biasanya jika sekolah mendapatkan dana DAK, maka selain rehab gedung sekaligus pengadaan bangku sekolah. Jadi bagi sekolah yang mendapatkan dana DAK, otomatis akan mendapatkan bangku baru juga,” ujarnya.

Sedangkan dari APBD Kota Jambi, akan dibangun sebanyak 30 RKB (ruang kelas baru). Hanya saja menurutnya untuk pembangunan RKB langsung dibawah wewenang Dinas PUPR Kota Jambi.

“Tahun ini ada pembangunan RKB yang akan dilaksanakan. Hanya saja pembangunan langsung dilaksanakan oleh Dinas PUPR,” ujarnya.

Sedangkan pembangunan RKB dari APBD tidak termasuk pengadaan kursi sekolah. Sebab, anggaran yang terbatas. “Kalau APBD itu hanya RKB saja, tidak termasuk yang lainnya,” pungkasnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved