Pelegalan Cagar Budaya, Ini Peran Penting Tim Khusus yang Belum Dimiliki Provinsi Jambi

Pelegalan cagar budaya, Ini Peran Penting Tim Khusus yang Belum Dimiliki Provinsi Jambi

Pelegalan Cagar Budaya, Ini Peran Penting Tim Khusus yang Belum Dimiliki Provinsi Jambi
tribunjambi/abdullah usman
Salah satu Majid Tua berusia 100 tqhun, yang menjadi peninggalan sejatah peradaban kerajaqn Melayu Jambi. Namunnsayang Masjid Tersebut belum masuk kategori Cagar Budaya dan masih banyak peninggqlanbserupa di Kecamatan Berbqk Kabupaten Tanjab Timur belum tersentuh pemerintah. 

Ini Peran Penting Tim Khusus Yang Belum Dimiliki Provinsi Jambi

TRIBUNJAMBI.COM,MUARA SABAK - Peran Pentingnya tim cagar budaya dalam melakukan pelegalan cagar budaya, mengingat saat ini Provinsi Jambi belum satu pun memiliki tim tersebut.

Tim Ahli Cagar Budaya sendiri sangat berperan penting dalam melakukan pendataan dan meneliti lebih lanjut, serta menetapkan Cagar Budaya. Hal itu dilakukan, karena di Kabupaten Tanjabtim ini banyak yang diduga Cagar Budaya yang belum ada satupun yang ditetapkan.

Baca: Situs Peninggalan di Tanjabtim, Jambi, Banyak Berstatus Gantung, Belum Ada Tim Khusus, Jadi Kendala

Baca: Usai 24 Tahun Kematiannya, Hingga Kini Kamar Mendiang Nike Ardila Tetap Terawat, Ini Penampakanya

Baca: Jalan Bukit Pematang Gelanggang yang Dibuka Pada Program TMMD ke 104 Jadi Alternatif Akses ke Sumbar

"Jadi gunanya sertifikat Tim Ahli Cagar Budaya tersebut, agar peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Tanjabtim ini bisa ditetapkan sebagai Cagar Budaya," ujar Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Tanjabtim, Amiruddin

Diberitakan sebelumnya, bahwa Tanjabtim memiliki segudang peninggalan sejarah, mulai dari makam hingga penemuan benda bersejarah. Namun sangat disayangkan, dari sekian banyak peninggalan sejarah yang telah ditemukan, belum satupun yang dinyatakan sebagai cagar budaya, baik itu kabupaten maupun provinsi.

Baca: Inikah Firasat Ustaz Abdul Somad Sebelum Meninggalnya Ibunda? Beberapa Hari Sebelumnya

Baca: Penerimaan Anggota Polri 2019, Siapkan Berkas Persyaratan dan Ini Link Serta Cara Daftar Online

Tercatat di Kabupaten Tanjabtim ada Tujuh situs budaya yang telah diselamatkan dan ditindaklanjuti. Situs-situs tersebut mulai dari Perahu Kuno, Makam Orang Kayo Hitam, Makam Rangkayo Pingai, Masjid Tua, percandian serta temuan-temuan tembikar dan gerabah di beberapa wilayah Tanjabtim. (Abdullah Usman/Tribun Jambi)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved