Empat Sektor Pembangunan Meningkat Sepanjang 2018 di Bumi Serentak Bak Regam

Empat Sektor Pembangunan Meningkat Sepanjang 2018 di Bumi Serentak Bak Regam

Empat Sektor Pembangunan Meningkat Sepanjang 2018 di Bumi Serentak Bak Regam
IST
Bupati Batanghari dan Wakil Bupati Batanghari foto bersama Presiden dan Wakil Presiden 

Empat Sektor Pembangunan Meningkat Sepanjang 2018 di Bumi Serentak Bak Regam

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Sepanjang 2018, Pemerintah Kabupaten Batanghari, telah berhasil mempercepat pembangunan dari berbagai sektor. Tiga di antaranya yaitu, pembangunan sumber daya manusia (SDM), Ekonomi Kerakyatan, dan Infrastruktur Pelayanan Dasar.

Bupati Batanghari, Ir H Syahirsah Sy, memaparkan, keberhasilan pembangunan suatu daerah ditentukan oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Menurutnya, pendidikan merupakan satu diantara cara guna meningkatkan kualitas SDM tersebut.

Untuk mengetahui seberapa banyak penduduk yang memanfaatkan fasilitas pendidikan dapat dilihat dari persentase penduduk menurut partisipasi sekolah.

Bupati menerima penghargaan
Bupati menerima penghargaan (IST)

Untuk melihat partisipasi sekolah dalam suatu wilayah biasa dikenal beberapa indikator untuk mengetahuinya, antara lain Angka Partisipasi Murni (APM) SD di Kabupaten Batanghari pada tahun 2017 APM SD 98,23%. Angka ini meningkat pada tahun 2018 menjadi 98,27%.

"Oleh karena itu peningkatan mutu pendidikan harus terus diupayakan. Dimulai dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada penduduk untuk mengenyam pendidikan, hingga pada peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan," kata Bupati.

Baca: HUT ke-9 Tribun Jambi, Bupati Batanghari Syahirsah: Tetap Menjadi Media Inspirasi di Provinsi Jambi

Baca: Tahun Depan, Eks Arena MTQ Kabupaten Batanghari, Bakal Disulap Jadi Area Wisata Kuliner

Dari sektor Ekonomi Kerakyatan, Syahirsah menjelaskan, masyarakat Kabupaten Batanghari secara umum menggantungkan mata pencariannya di sektor pertanian. Dimana untuk produksi perkebunan mengalami peningkatan yaitu tahun 2017 mengalami peningkatan 0,8% dan tahun 2018 meningkat 0,9%.

"Begitu juga pertumbuhan populasi ternak dan unggas juga mengalami peningkatan pada tahun 2017 sebesar 0,8% dan tahun 2018 sebesar 0,9%," katanya lagi.

Kunjunga Menteri di Kabupaten Batanghari
Kunjunga Menteri di Kabupaten Batanghari (IST)

Dilanjutkannya, Infrastruktur Pelayanan Dasar dapat meningkatkan produktivitas serta membuat roda perekonomian bergerak dengan lancar.

Persentase jalan Kabupaten Batanghari dalam kondisi mantap terus mengalami peningkatan. Pada 2017 sebanyak 26,80% mengalami peningkatan pada 2018 menjadi 30,65%. Untuk infrastruktur pendidikan dapat dilihat dari peningkatan persentase sekolah yang memiliki sarana dan prasarana sesuai dengan SPM. Dimana tahun 2017 sebesar 83,96% meningkat menjadi 84,01% dan tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved