KPK di Jambi, Tanjung Jabung Timur Nilai Terendah Pelaksanaan Program Pencegahan Korupsi

Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki nilai terendah pelaksanaaan indikator program-program pencegahan korupsi.

KPK di Jambi, Tanjung Jabung Timur Nilai Terendah Pelaksanaan Program Pencegahan Korupsi
Tribunjambi/Zulkifli
Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah II Sumatera, Aida Ratna Zulaiha, selasa (12/3). 

Dari hasil evaluasi KPK, Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki nilai terendah pelaksanaaan indikator program-program pencegahan korupsi.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Dari hasil evaluasi KPK, Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki nilai terendah pelaksanaaan indikator program-program pencegahan korupsi.

Itu satu di antara sejumlah catatan KPK saat ke Jambi, Selasa (12/3/2019) untuk rapat koordinasi dan evaluasi program pemberantasan korupsi terintegrasi tahun 2018 dan sosialisasi program tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Supervisi Pencegahan KPK Wilayah II Sumatera Aida Ratna Zulaiha, usai rapat koordinasi bersama gubernur dan para bupati wali kota se-Provinsi Jambi, Selasa siang.

Beberapa catatan dari KPK antar lain mengenai aset dan rendahnya kesadaran pejabat di Provinsi Jambi untuk melaporkan kekayaanya.

Dari delapan sektor dalam program pencegahan korupsi yang dilaksanakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di seluruh pemerintahan daerah di Pemerintah Provinsi Jambi masalah aset jadi sorotan.

KPK menilai, sektor manajemen aset daerah menjadi sektor yang paling rendah pelaksanaannya.

 "Tahun ini kita akan dalami atau mau dorong manajemen aset daerah ini. Baik di Perintah Provinsi Jambi maupun kabupaten kota," kata Padahal, kata Aida, di sektor aset daerah berpeluang untuk terjadinya tindak pidana korupsi. 

Menurutnya, meskipun aset daerah tersebut berbentuk barang, “namun rentan dikuasai pihak ketiga dan sering tumpang tindih kepemilikannya antara pemerintah pusat dan daerah atau pemerintah provinsi dengan kabupaten kota. Itu yang coba kita kelola."

Baca: TRIBUNWIKI - Silver Arwana Ikan Langka dari Jambi, Punya Pesona Mengkilat Perak Kehijauan

Baca: TRIBUNWIKI - Zumi Zola dan 23 Tokoh yang Terima Gelar Adat Lembaga Adat Melayu Jambi

Baca: TRIBUNWIKI - Sejarah Berdirinya Universitas Jambi (Unja), Nama Rektor Dari Masa ke Masa

Yang juga jadi catatan KPK adalah realisasi program pencegahan korupsi terintegrasi yang dilaksanakan di Jambi sejak tahun 2017.  Sebab hasilnya mengecewakan.

Halaman
123
Editor: deddy
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved