Ingin Gunakan Hak Pilih, Tapi Kamu di Perantauan, Tenang, Tetap Bisa Mencoblos Tanpa Pulang Kampung

Bagi masyarakat yang sedang dirantau Kota Jambi, namun belum mengurus izin pindah alamat, tetap bisa mengikuti Pemilu tanpa harus pulang ke kampung

Ingin Gunakan Hak Pilih, Tapi Kamu di Perantauan, Tenang, Tetap Bisa Mencoblos Tanpa Pulang Kampung
Tribunjambi/Rohmayana
Aktivitas di KPU Kota Jambi, Selasa (12/3/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bagi masyarakat yang sedang dirantau Kota Jambi, namun belum mengurus izin pindah alamat, tetap bisa mengikuti Pemilu tanpa harus pulang ke kampung halaman.

Misalnya daerah asal ada di Kabupaten Merangin, maka tinggal mengurus izin pindah memilih di KPU Kota Jambi. Caranya kita tinggal datang ke KPU dengan membawa fotocopy KTP dan fotocopy kartu keluarga.

Baca: Banyak Pangkalan Jual Gas Melon Tidak Sesuai HET di Kabupaten Batanghari

Baca: Kamis, 21 Maret 2019 Ada Fenomena Ekuinoks Maret, Apa Itu? Kenapa Bisa Terjadi & Apa Istimewanya?

Baca: Awas Jangan Salah Pilih, Lima Buah Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Setelah itu petugas akan mengecek NIK yang tertera pada KTP di website Lindungi Hak Pilihmu. Jika sudah terdaftar di Daftar Pemilih tetap di website Lindungi Hak Pilihmu, maka akan diberi surat pernyataan pindah memilih.

Di surat tersebut, diharuskan mengisi biodata termasuk NIK dan NKK. Juga harus mengisi daerah asal termasuk nomor TPS, serta mengisi nomor TPS tempat tujuan.

Untuk mengetahui nomor TPS asal ini akan tertera di website lindungi hak Pilihmu. Sementara untuk mengetahui TPS tujuan, hanya perlu mengisi alamat domisili saat ini. Sementara nomor TPS akan diisi oleh pihak KPU.

Setelah semuanya selesai diisi, pihak KPU akan memberikan surat keterangan pindah dan surat untuk mencoblos saat pemilu.

Disarankan bagi yang ingin mengurus pindah memilih, untuk mengecek terlibih dahulu daftar pemilihnya. Apakah sudah masuk daftar pemilih tetap atau belum. Jangan lupa ceknya di website Lindungi hak Pilihmu. Jika belum masuk DPT bisa diurus ke daerah asalnya dulu ya.

Baca: Masih Ingat Lidya Pratiwi? Saat Masuk Penjara Usia 19 Tahun, Lalu Keluar 30 Tahun, Ini Kabar Darinya

Baca: Suku Korowai Papua Percaya Memakan Daging Manusia Akan Membunuh Penyihir Khakhua

Baca: Akun FB Andhre Marozz Diburu Karena Hina Prajurit Kopassus yang Gugur Lawan KKB Berhadiah Rp1 Miliar

Nah untuk pindah memilih antar kabupaten nantinya tidak bisa memilih DPRD Kabupaten/kota ya. Sementara jika pindah memilih antar provinsi maka tidak bisa memilih dan mendapat surat suara DPRD Kabuoaten/Kota dan DPRD Provinsi.

Berita ini bersumber dari pantauan Tribunjambi.com, Selasa (12/3/2019) di KPU Kota Jambi. Ayo gunakan hak pilihmu, meskipun kamu berada di perantauan. (*)

Penulis: Rohmayana
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved