Silpa 2018 akan Dimanfaatkan di APBD-P 2019, Segini Angkanya

Nilai tersebut sejumlah Rp244 miliar. Angka itu naik 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Silpa 2018 akan Dimanfaatkan di APBD-P 2019, Segini Angkanya
tribunjambi/syamsul bahri
Pejabat Kabupaten Sarolangun, rapat membahas Silpa 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM. SAROLANGUN - Badan pengelola keuangan dan aset daerah (BPKAD) Kabupaten Sarolangun mencatat sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Pemerintah Daerah (Pemda) Sarolangun tahun 2018 yang lalu.

Nilai tersebut sejumlah Rp244 miliar. Angka itu naik 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ini merupakan Sisa APBD Murni 2018 yang lalu. Dengan angka tersebut dipastikan meningkat dari SILPA ABPD 2017 yang lalu, yang waktu itu hanya Rp100 Miliar lebih," kata Kepala BPKAD Sarolangun, Emalia Sari.

Baca: Dua Tower PLN Roboh, Listrik di Kerinci dan Sungai Penuh Terputus, Listrik Mati Total

Baca: Kerap Jadi Kendala Saat UNBK, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Koordinasi Jaringan Listrik dan Internet

Ia mengatakan hal ini terjadi akibat tidak adanya APBD Perubahan 2018 saat itu. Kalau dulu ini ada, mungkin tidak akan ditemukan angka sebesar itu dalam SILPA tersebut. "Ini laporan yang sudah kita masukkan ke BPK, yang pastinya mungkin nanti setelah hasil pemeriksaan BPK, tapi inilah gambaran angka pastinya," katanya.

Ia menyebut, angka sebesar itu kebanyakan terdapat dari organisasi perangkat daerah (OPD) yang banyak anggarannya, seperti Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan diikuti instansi lainnya.

Baca: Pengangkatan 31 Tenaga Kesehatan di Muarojambi, Ini Kata Sekda Fadhil Arief

Baca: Kolor Ijo Akhirnya Diamankan Warga, Dianggap Meresahkan, Begini Cara Dia Beraksi

"Yang pasti angka tersebut, Itu rata-rata berasal dari OPD yang banyak anggarannya, terutama Dinas PUPR, karena memang ada kegiatan kita yang tidak terlaksana waktu itu, jadi anggarannya tidak terpakai," ujarnya.

Ia menjelaskan dana SILPA ini nantinya akan dimanfaatkan di APBD Perubahan 2019 nanti, boleh semuanya atau tidak. Namun peruntukannya untuk apa belum ditentukan saat ini. "Akan kita manfaatkan di APBD Perubahan tahun ini, namun peruntukannya belum kita tentukan, sesuai kebutuhan dan waktu pelaksanaannya," kata Emalia Sari.(*)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved