2019, Disdik Provinsi Targetkan Semua SMA dan SMK Ujian Berbasis Komputer

Semua sekolah SMA dan SMK di Provinsi Jambi pada tahun ini ditargetkan melaksanakan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

2019, Disdik Provinsi Targetkan Semua SMA dan SMK Ujian Berbasis Komputer
Tribujambi/Zulkifli
Kepala Balai Teknologi dan Informasi Pendidikan Provinsi Jambi, A Yani. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Semua sekolah SMA dan SMK di Provinsi Jambi pada tahun ini ditargetkan melaksanakan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sesuai Jadwal yang ditetapkan UNBK tingkat SMK akan digelar pada tanggal 25 - 28 Maret dan SMA pada tanggal 1,2,4 dan 8 April.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Heiyanto melalui Kepala Balai Teknologi dan Informasi Pendidikan Provinsi Jambi, A Yani Iriansyah, menyebutkan meskipun pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMK dan SMA belum sepenuhnya dilakukan secara mandiri dimasing-masing sekolah, namun ditargetkan tahun ini 100 persen melaksanakan UNBK.

"Pelaksanaan UNBK ini kan kita mengenal istilah resourcing sharing. Artinya memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada. Misalnya satu sekolah tidak siap dalam hal saranan prasarana, dia tidak musti melaksanakan di sekolahnya, tetapi bisa menumpang di sekolah lain yang melaksanakan UNBK. Begitupun jika prangkat komputernya kurang, bisa meminjam komputer orang tua," jelasnya.

Baca: Aksi Pecah Kaca Beraksi di Merangin, Ditinggal Sebentar Ambil Spanduk, Uang dalam Mobil Lenyap

Baca: Ustaz Abdul Somad: Tolong Jangan Kacaukan Kajian Saya, Saya Bukan Orang Politik!

Baca: Persaingan Semakin Ketat, Bank 9 Jambi Dituntut Terus Berinovasi

Baca: Tak Disangka Penjual Duku Ini Pembunuh, Dua Tahun Jadi Buronan Akhirnya Ditangkap di Pasar Agam Baru

Baca: Pertukaran Pemuda Antar Negara Segera Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Pada tahun sebelumnya dari 170 SMK di Provinsi Jambi, semuanya telah melaksanakan UNBK. Sementara itu dari 222 sekolah SMA se Provinsi Jambi ada 18 sekolah yang masih melaksanakan UNKP. "Dan kita targetkan 18 sekolah itu, tahun ini juga sudah UNBK," sebut Yani.

Untuk peserta UNBK tingkat SMA tahun ini diikuti sebanyak 24.629 orang peserta. Kemudian untuk SMK diikuti sebanyak 15.100 orang siswa.

Berbagai persiapan dalam mengahadapi UNBK tahun 2019 ini pun telah dilaksanakan oleh Pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, di antaranya dengan sosialisasi ke Kabupaten Kota. Pihak Dinas pun telah melatih para Proktor dan teknsi. Kepada pihak terkait seperti PLN dan Telkom pun telah dikoordinasikan.

"Para siswa pun sudah dilakukan simulasi tahap satu kemudian tahap dua, dan nanti terakhir dilakukan geladi. Sehingga secara teknis dan mental para siswa kita sudah siap," bebernya.

Selain itu, Yani menjelaskan bahwa UNBK tidak menjadi indikator dalam penentuan kelulusan peserta didik. Namun, kelulusan di siswa ditentukan oleh ujian sekolah berstandar Nasional (USBN). Sudah 100 persen ditentukan oleh sekolah.

"Tapi siswa juga jangan macam-macam karena Hasil ujian UNBK ini dipakai syarat untuk seleksi kejenjang pendidikan lebih tinggi," ujarnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved