Siapkan 8.000 Bibit Buah-buahan, Pemkab Batanghari akan Berikan ke Calon Petani

Bibit yang akan disiapkan 8.000 batang buah naga, 5.000 batang jeruk, 1.000 batang bibit durian, 800 batang lengkeng, 600 batang sawo dan 300 ..

Siapkan 8.000 Bibit Buah-buahan, Pemkab Batanghari akan Berikan ke Calon Petani
tribunjambi/fitri amalia
Sebanyak 12 ribu bibit karet sudah dibagikan kepada petani karet di Desa Petajen, Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Pemerintah Kabupaten Batanghari menyiapkan bantuan ribuan bibit buah-buahan untuk petani di Kabupaten Batanghari pada 2019.

Bibit yang akan disiapkan 8.000 batang buah naga, 5.000 batang jeruk, 1.000 batang bibit durian, 800 batang lengkeng, 600 batang sawo dan 300 gram bibit cabai.

Ini Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Batanghari, Gusnel Hadi, mengatakan bantuan itu untuk pengembangan di sektor perkebunan.

"Selain itu, salah satunya adalah untuk mendukung program Pemkab Batanghari dalam mengembangkan agrowisata di empat desa yaitu Sei Buluh, Mekarsari, Petagen dan Desa Batin," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (6/2).

Ia mengatakan, bantuan pengadaan bibit buah-buahan ini akan ditender dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 293 jutaan dari APBD Kabupaten Batanghari 2019.

"Sebelum ditenderkan, terlebih dahulu kita akan memastikan atau mengidentifikasi jumlah petani calon penerima bantuan dan lokasinya," katanya.

Dan nantinya, lanjut Gusnel, pendistribusian bantuan bibit tersebut akan diberikan kepada calon petani penerima bantuan yang telah mengajukan proposal kepada pihak dinas.

"Untuk syarat pengajuan perorang harus memiliki tanah sendiri seluas seperempat hektar perorang. Namun diajukan secara berkelompok," sebutnya.

Ditambahkannya, pendistribusian bantuan bibit buah-buahan itu kepada calon perani direncanakan pada triwulan kedua. (*)

 Ini 3 Keanehan Taman Nasional Kerinci Seblat, Orang Pandak hingga Suara Baca Alquran di Hutan

 Pelda Daniel Buka Kain Penutup Jenazah Anaknya, Ternyata Banyak Sekali Luka, Taruna ATKP Dianiaya

 Raffathar Bertemu Jan Ethes dalam Satu Mobil, Jokowi di Samping Nagita, Ini yang Terjadi Kemudian

 Pasukan Intelijen Tempur Super Rahasia di Dunia, Ada Nama Satuan dari Indonesia

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved