Strawbery dan Terongfirus jadi Produk Unggulan, Desa Mekar Sari, Wakili Jambi di Tingkat Nasional

"Nanti sepanjang jalan menuju bukit cinta, akan kita tanam trungfirus. Saat ini, sedang dalam proses pembibitan," bebernya.

Strawbery dan Terongfirus jadi Produk Unggulan, Desa Mekar Sari, Wakili Jambi di Tingkat Nasional
TRIBUNJAMBI/NANI RACHMAINI
Ilustrasi. Gunung Kerinci 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Desa Mekar Sari, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, akan mewakili Jambi, pada lomba hatinya Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada pertengahan tahun 2019 ini.

Untuk itu, dalam melakukan persiapan tersebut, Bupati Kerinci Adirozal bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kerinci, Hj Naili Husna Adirozal, beserta OPD dan camat Rabu (9/1/2019) melakukan peninjauan sekaligus pembinaan terhadap Desa Mekar Sari yang akan mengikuti lomba Hatinya PKK tingkat Nasional.

Baca: Konsul Tiongkok Temui Fasha, Ada Hasrat Tanamkan Investasi

Baca: Inisial AC, TP, BS, ML dan RF Artis Terlibat Prostitusi Online, Polda Kantongi Bukti Rekening Koran

Baca: Program dan Target Dikebut Untuk Kemajuan Batanghari

Dalam peninjauan tersebut, Bupati bersama Ketua TP PKK beserta OPD dan camat, melihat kesiapan beberapa program unggulan yang dimiliki Desa Mekar Sari mulai dari pemanfaat pekarangan, tanaman, kolam ikan, buah-buahan, sayur-sayuran yang ada di pekarangan rumah warga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kerinci, Hj Nailil Husna Adirozal, dikonfirmasi mengatakan bahwa Desa Mekar Sari di bawah binaan TP PKK Kabupaten Kerinci, optimis juara pada lomba hatinya PKK tingkat Nasional yang mewakili Provinsi Jambi.

"Melihat persiapan yang jauh-jauh hari, kita optimis bisa juara," ujar Nailil Husna.

Baca: Mantan Hakim Agung Satu Ini Pernah Bikin Para Koruptor Merinding, Coba Menyuap Kena Usir

Baca: Tolak Kenaikan Tarif PDAM Tirta Mayang, YLKI Jambi Galang Petisi

Baca: Momen Dramatis Helikopter Selamatkan Pemain Ski di Pegunungan Alpen

Hal tersebut dikatakan Nailil, dikarenakan persiapan yang sudah dilakukan sejak november 2018 lalu. Ditambah dengan beberapa program unggulan yang dimiliki Desa Mekar Sari.

Bukan hanya itu saja, Desa Mekar Sari juga telah mendapat pembinaan dari OPD terkait, dalam pemanfaatan pekarangan masyarakat.

"Seperti kolam ikan, bukan saja kolam besar, tapi parit dan got bagaimana membuat kerambah, nanti dilihat disana, ini yang dibantu Dinas Perikanan. Untuk Pertanian, bibit pupuk, juga sudah dibantu. Begitu juga perkebunan seperti bantuan bibit buaha-buahan," ungkapnya.

18062018_danau kerinci
18062018_danau kerinci (TRIBUN JAMBI/HERUPITRA)

Dalam perlombaan nantinya, Desa Mekar Sari mempunyai beberapa produk unggulan yakni strawbery dan terongfirus. Dari sektor lainnya, kopi dan abon ikan.

"Nanti sepanjang jalan menuju bukit cinta, akan kita tanam trungfirus. Saat ini, sedang dalam proses pembibitan," bebernya.

Hal senada dikatakan Bupati Kerinci, Adirozal, dimana dengan waktu yang masih ada 4 bulan kedepan dirinya berharap Desa Mekar Sari jadi juara Nasional mewakili Jambi.

Baca: Warga Sering Buang Sampah Sembarangan di Beberapa Lokasi, Ini Upaya Pemkab Muarojambi Menyadarkannya

Baca: Dari Rekening Koran Vanessa Angel Ditemukan Hal yang Mengejutkan, Ternyata Fakta Baru Ini Terkuak

"Sehingga nanti, diharapkan masyarakat Mekar Sari jadi Desa percontohan tingkat Nasional," harapnya.

Saat ini sambung Bupati, tinggal membenahi dan mempertahankan unggulan yang ada. Seperti kolam mempertahankan agar hasil lebih maksimal, pemnafaatan pekarangan, buah-buahan yang belum buah kita tunggu, kemudian sayur-sayuranan lebih ditingkatkan lagi.(*)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved