Tiga Bulan Lagi, Ditlantas Polda Jambi Akan Lelang Ratusan Kendaraan Hasil Tilang

Ratusan kendaraan bermotor yang terparkir di halaman Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi akan dilelang jika tidak diurus pemiliknya.

Tiga Bulan Lagi, Ditlantas Polda Jambi Akan Lelang Ratusan Kendaraan Hasil Tilang
TRIBUNJAMBI/ROHMAYANA
Deretan kendaraan yang akan dilelang oleh Pemkot Jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ratusan kendaraan bermotor yang terparkir di halaman Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi akan dilelang. Hal ini dilakukan jika dalam waktu tiga bulan ke depan, ratusan sepeda motor yang terjaring razia tersebut tidak diambil oleh pemiliknya.

Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Didik Mulyanto mengatakan, berdasarkan data tilang pihaknya, kendaraan hasil tilang tersebut ada yang sudah terparkir 2-3 tahun. Dan sampai sekarang itu tidak diurus oleh pemiliknya.

"Sesuai kewenangan dalam Pasal 110, Polri dalam hal ini Bidang Regident bisa menghapuskan data kendaraan bermotor. Kita tunggu sampai tiga bulan ke depan untuk mengurusnya. Setelah dihapuskan, lalu bisa kita lelang," kata Didik saat dikonfirmasi, Minggu (30/12).

Ia mengatakan, berdasarkan Undang-Undang, penghapusan data kendaraan hasil tilang yakni melihat 5 tahun masa berlakunya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan tersebut yang tak diperpanjang.

"Kemudian ditambah dua tahun lagi masanya. Jika tidak diurus oleh pemiliknya, artinya kendaraan itu bermasalah atau tak memiliki surat-surat. Di situ, cek datanya. Jika tidak terdaftar maka layak kita hapuskan," jelasnya.

Didik mengatakan, penghapusan data registrasi identitas kendaraan bermotor ini dilakukan untuk validasi data. Selain itu juga untuk mengetahui jumlah kendaraan yang ada di Jambi apakah layak operasional dan layak menjadi obyek pajak.

"Jadi dapat diketahui berapa jumlah kendaraan bermotor yang ada di Provinsi Jambi," katanya.

Baca: Awalnya Diragukan Bisa Dapat US$ 4 Miliar untuk Tebus Saham Freeport, Inalum: Kami Kerja Mati-matian

Baca: Pesan Ustaz Abdul Somad Untuk Merayakan Tahun Baru, dan Jadwal Mengisi Tausiah Tahun Baru 2019

Baca: Rayakan Tahun Baru, Karaoke Celebrity Tawarkan Promo Menarik

Baca: Rahmat Derita Tersangdung Kasus Dugaan Pelanggaran Kampanye, Begini Komentar Ketua PPP Jambi

Baca: Bawaslu Tunggu 14 Hari Tuntaskan Dugaan Pelanggaran Rahmat Derita

Ia melanjutkan, pemilik sepeda motor yang sudah tak layak jalan juga dapat mengajukan penghapusan data kendaraan bermotor diregistrasi identitas di Ditlantas Polda Jambi.

"Ada kebaikannya bagi pemilik. Pertama tidak menjadi obyek pajak lagi. Kedua bila membeli kendaraan baru, terhindar dari pajak progresif," lanjutnya.

Didik mengimbau kepada pemilik kendaraan yang ditilang dengan barang bukti kendaraan, segera mengambil kendaraannya. Dengan syarat, yaitu membawa bukti kepemilikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Sebagaimana diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Kemudian diatur dalam Perkap No 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor," tandasnya.

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved