Akuisisi Freeport

Transaksi Akuisisi Freeport Merembet ke Bursa Saham, Berefek Positif pada 3 Emiten Tambang

Transaksi akuisisi saham Freeport senilai US$ 3,85 miliar diprediksi juga merembet ke bursa saham, pasca- PT Indonesia

Transaksi Akuisisi Freeport  Merembet ke Bursa Saham,  Berefek Positif pada 3 Emiten Tambang
Sumber foto: Kolase Tribun Jambi
Saham Freeport dibeli 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Transaksi akuisisi saham Freeport senilai US$ 3,85 miliar diprediksi juga merembet ke bursa saham, pasca- PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) mengunci 51,23% saham PT Freeport Indonesia.

Maklumlah, Inalum merupakan induk usaha (holding) BUMN Pertambangan. Inalum  mengendalikan tiga emiten tambang plat merah di Bursa Efek Indonesia, yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Timah Tbk (TINS). Ada harapan sentimen Freeport berefek positif bagi ketiga emiten tambang BUMN.

 

The Guinness Book of Records Catat Sebagai Letusan Terhebat dalam Sejarah, Ini Ancaman Krakatau

VIDEO: Betulkah Micin Tidak Aman Dikonsumsi? Yuk, Simak Penjelasannya

Berat Badan Turun 102 Kg, Berikut 10 Potret Arya Permana setelah 2 Tahun Berlatih dengan Ade Rai

Dianggap Tak Maksimal Kampanyekan Prabowo-Sandi, Ini Jawaban SBY Soal Pilpres dan Pileg

Meski demikian, hingga kini belum ada pembicaraan antara Freeport dan ANTM terkait potensi kerjasama tersebut. Lumpur anode atau anode slime merupakan material sisa pemurnian tembaga. Dalam hal ini, ANTM mampu mengolah lumpur tersebut menjadi emas.

ANTM sebelumnya pernah mengajak Freeport membangun smelter pada tahun 2016. Dalam kerjasama tersebut, ANTM mengincar porsi kepemilikan sebesar 40%. Namun rencana itu sirna lantaran tidak ada kesepakatan harga di antara kedua pihak. Kini, dengan lebih dari separuh saham Freeport dikuasai Inalum, bukan tak mungkin rencana ANTM kembali hidup.

Sinergi holding

Sekretaris Perusahaan TINS Amin Haris menyatakan, kerjasama strategis dalam pengelolaan hasil tambang bisa terjadi di bidang pemasaran. Tapi, dia menjelaskan, manfaat yang lebih terasa memang secara holding, terutama saat ada konsolidasi laporan keuangan. "Dampak langsung ke Timah Tbk saat ini belum ada. Tapi intinya ke depan akan positif bagi holding dan anggota holding," ujar dia.

Head of Corporate Communication Inalum Rendi A Witular menyatakan, akan ada sinergi dan pembagian manfaat antara Inalum, Freeport dan anggota holding. "Pasti ada manfaat dan sinergi. Berbagi ilmu dan teknologi, misalnya," kata Rendy.

 

Transaksi Palsu Hingga Rp 70 Juta Demi Cashback Bukalapak Akhirnya Terungkap

Dugaan Pengaturan Skor Pertandingan, Sekjen PSSI Tak Penuhi Panggilan Satgas

Pasang Baliho Prabowo-Sandiaga di Depan Rumah, Foto Emak-emak di Semarang Ini Jadi Viral

Harga Batu Bara Cenderung Menurun, Ini Saham yang Masih Bisa Anda Lirik

Analis Panin Sekuritas, William Hartanto berpendapat,  pengambilalihan Freeport bisa berdampak positif bagi prospek saham TINS, ANTM, dan PTBA. "Dengan sentimen Freeport, sisi positifnya saya kira akan meningkatkan penjualan," ujar dia kepada KONTAN, kemarin.

Pengamat Ekonomi Energi dari UGM Fahmy Radhi menilai, posisi Indonesia sebagai pemegang mayoritas saham Freeport terbilang potensial dan strategis. Pasalnya, dengan earning after tax (EAT) yang dibukukan oleh Freeport rata-rata sebesar US$ 2,8 miliar per tahun, potensi deviden yang bisa diterima mencapai US$ 1,4 miliar per tahun.

Alhasil, Fahmy memprediksikan, pay back period divestasi Indonesia bisa tercapai hanya dalam waktu tiga tahun. "Setelah itu, Indonesia akan memperoleh pendapatan utuh US$ 1,4 miliar, yang 10% dibagikan kepada Pemerintah Daerah Papua, masih ditambah lagi dengan pendapatan dari royalti, maupun sisi pajak," ungkap dia.

 

Hubungkan Jakarta-Surabaya, Jokowi: Tol Trans Jawa adalah Sejarah Baru Transportasi Indonesia

Isi Surat Wasiat Suzanna yang Selama 10 Tahun Ini jadi Rahasia

Tidak Mau Status Sedang Mengetik-mu di Whatsapp Ketahuan, Pake Aplikasi Ini!

The SpongeBob Movie, Libatkan Sinematografer Batman v Superman

 

Berita ini sudah tayang di laman Kontan.co.id berjudul: Akuisisi Freeport Menular Emiten Tambang BUMN

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved