Ungkap Kasus Dugaan korupsi Alkes Bungo, Jaksa Hadirkan 15 Saksi dari PPHP

Jaksa menghadirkan 15 saksi dalam sidang perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk Puskesmas di Dinas Kesehatan Bungo.

Ungkap Kasus Dugaan korupsi Alkes Bungo, Jaksa Hadirkan 15 Saksi dari PPHP
Tribunjambi/mareza
Jaksa menghadirkan 15 saksi dalam sidang perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk Puskesmas di Dinas Kesehatan Bungo. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sidang perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk Puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jambi, Senin (17/12/2018).

Sidang perkara yang menjerat terdakwa Solikin itu beragendakan pemeriksaan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (JPU Kejari) Muara Bungo.

Dalam kesempatan itu, jaksa menghadirkan 15 saksi. Di antaranya, M Yusuf selaku ketua Pejabat/ Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP), Sumarni Pasaribu selaku sekretaris PPHP, dan Nadra Atika selaku bendahara PPHP. Selain itu, turut hadir empat anggota PPHP lain, yaitu Herianto, Marwan, Abdul Aziz, dan Irianto Saleh.

Dalam sidang itu, Yusuf selaku ketua mengaku bertugas menerima, memeriksa, serta membuat berkas berita acara. Namun, dia justru tidak terlalu paham dengan pengadaan alkes itu.

"Waktu barang (alkes, red) datang, saya disuruh Bu Ai memeriksa barang di gudang Maga Ghali (PT Maga Ghali Alkesindo, red)," kata dia.

Majelis hakim sempat mempertanyakan alasan pemeriksaan di sana, mengingat pemenang lelang adalah PT Raziyan Anugrah Farma.

Namun, pemeriksaan di gudang PT Maga Ghali Alkesindo itu, setahunya, lantaran tidak ada gudang untuk penempatan alkes tersebut. Hal itu turut dibenarkan sekretaris PPHP.

"Karena cuma di sana gudang yang memungkinkan. Di sana barang itu dicek, lalu dilaporkan ke PPK," kata Sumarni.

Selanjutnya, Nadra Atika menjelaskan tupoksinya sebagai bendahara. Kata dia, yang mengurus pencairan untuk pengadaan alkes itu adalah rekanan, PT Raziyan Anugrah Farma yang didirekturi Rizaldi.

Halaman
12
Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved