Refleksi Akhir Tahun 2018 APPI, Berharap Masyarakat Paham Hak dan Kewajiban Debitur

Di Jambi pertumbuhan portofolio perusahaan pembiayaan lebih bagus daripada Perbankan dan Non Performing Financing.

Refleksi Akhir Tahun 2018 APPI, Berharap Masyarakat Paham Hak dan Kewajiban Debitur
Tribunjambi/Fitri
Kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2018 dan Penyusunan Program Kerja Tahun 2019 Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Forum Komunikasi Daerah (FKD) Jambi berlangsung di The View Swiss-Belhotel Jambi, Selasa (18/12). 

Laporan wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kegiatan Refleksi Akhir Tahun 2018 dan Penyusunan Program Kerja Tahun 2019 Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Forum Komunikasi Daerah (FKD) Jambi berlangsung di The View Swiss-Belhotel Jambi, Selasa (18/12).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi, Endang Nuryadin dan 41 perusahaan pembiayaan mobil, motor dan alat berat yang tergabung dalam APPI FKD Jambi.

Dikatakan Sigit Jatmiko, BM Clipan Finance Jambi sekaligus Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Jambi, kegiatan hari ini bertujuan untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar perusahaan pembiayaan di Jambi, sekaligus sharing pengalaman dan solusi jika menemukan kendala.

"Kegiatan ini juga untuk pelaporan pertanggung jawaban kegiatan yang sudah dan belum dilaksanakan di tahun 2018 contoh turnamen futsal, koordinasi dengan kepolisian, Depkumham dan OJK, bakti sosial ke panti asuhan, edukasi terhadap debitur dan masyarakat mengenai perusahaan pembiayaan dan kegiatan lainnya," tuturnya.

Ke depannya APPI FKD Jambi berharap dapat lebih kompak untuk memajukan perekonomian di Jambi dan lebih bersinergi dengan OJK sehingga Program OJK lebih mengarah ke Perusahaan Pembiayaan. Karena untuk wilayah Jambi, pertumbuhan portofolio perusahaan pembiayaan lebih bagus daripada Perbankan dan Non Performing Financing (NPF) di bawah 2 persen, tepatnya 1,91 persen.

"Kita harap pertumbuhan perekonomian Jambi lebih meningkat, harga komoditi di sektor perkebunan lebih baik, karena sebagian besar Provinsi Jambi masyarakatnya adalah berkebun, dan yang penting masyarakat Jambi lebih paham hak dan kewajiban sebagai debitur," jelasnya.

Baca: 500 Guru PNS Tanjabbar Pensiun, Guru Honorer Jadi Solusi?

Baca: Wiranto Tantang Prabowo Soal Prediksi Indonesia Punah Jika Kalah di Pilpres 2019

Baca: BREAKING NEWS: Mantan Rektor Universitas Jambi, Aulia Tasman Meninggal

Baca: Tertangkap Seludupkan Sabu di Jambi, Warga Malaysia Dihukum 16 Tahun Penjara

Dalam kata sambutannya, Endang mengatakan berdasarkan data yang didapat OJK Provinsi Jambi, kondisi industri pembiayaan secara umum diklaim masih sehat.

Kinerja industri pembiayaan sampai dengan Oktober 2018 rasio (NPF) berada di angka 1, 91 persen atau menurun 0,22 persen dibanding posisi Desember 2017 sebesar 2,13 persen.

Pertumbuhan pembiayaan tumbuh sebesar 14,12 persen dibandingkan posisi Desember 2017 dengan outstanding pembiayaan sampai dengan posisi Oktober 2018 sebesar Rp 6,06 triliun.

"Kinerja yang baik ini perlu terus dipertahankan di tahun 2019 dengan segala tantangan yang akan dihadapi pada tahun mendatang," tuturnya.

Ia juga berharap, APPI FKD Jambi juga lebih memperhatikan perlindungan Konsumen sektor jasa keuangan dan literasi keuangan.

"Karena bertujuan untuk menciptakan sistem perlindungan konsumen yang handal dan dapat menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya perlindungan konsumen, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat pada sektor jasa keuangan melalui upaya perlindungan konsumen," pungkasnya.

Baca: Kemenag Merangin Bagikan Tips Agar Tak Tertipu Travel Umroh

Baca: Kebun Jagung dan Kacang Kebanjiran, Petani di Kota Jambi Rugi Rp 20 Juta

Baca: Terendam Banjir, Separuh Kabupaten Muarojambi Rawan Penyakit, Ini 6 Kecamatan Paling Rawan

Baca: Heboh, Beredar Surat Rekomendasi CPNS Palsu, Ini Keterangan BKN

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved