Ngota Sehari, Ngobrolin Data Antara BPS dan Wartawan

Jika nilai NTP Provinsi Jambi di atas 100 maka perlu menjaga harga sawit dan karet agar tetap stabil.

Ngota Sehari, Ngobrolin Data Antara BPS dan Wartawan
Tribunjambi/Fitri
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar dialog dengan wartawan. Kegiatan yang diadakan di Hotel BW Luxury, Senin (17/12). 

Laporan wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada rekan-rekan wartawan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi. Kegiatan yang diadakan di Hotel BW Luxury ini memberikan wawasan tambahan untuk wartawan.

Satu dari tiga materi yang disampaikan yaitu mengenai Inflasi dan Nilai Tukar Petani (NTP) di Jambi yang disampaikan oleh Toto Abdul Fatah, Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Jambi, Senin (17/12).

"Data data BPS itu ada banyak sekali indikator data yang kita hasilkan, dari data-data tersebut ada data-data strategis seperti data pertumbuhan ekonomi, PDRB, pengangguran, termasuk data inflasi dan nilai tukar petani," ujarnya.

Dikatakanya, NTP diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib). Ini salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani di pedesaan dan nilai ini juga menunjukkan daya tukar dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

"Semakin tinggi NTP, secara letak relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani," tuturnya.

Provinsi Jambi sendiri sebagian besar petani adalah petani Perkebunan, sebagai petani karet dan petani sawit. Karena mayoritas penduduknya berkebun di karet dan sawit maka hasil data NTP adalah cerminan dari harga harga Perkebunan.

Dapat dilihat dari sub sektor lainnya seperti hortikultura, perikanan, dan tanaman pangan porsinya lebih kecil dibanding perkebunan.

"Sehingga ketika harga sawit dan harga karet sedang tinggi otomatis NTP ikut naik, juga sebaliknya jika harga sawit dan karet turun sedikit saja NTP juga ikut turun, sementara yang lainnya tidak terlalu berpengaruh terhadap inflasi," ujarnya.

Baca: Camat Pal Merah Ngamuk, Satpol PP Kota Jambi akan Seret Pembuang Sampah ke Pengadilan

Baca: Gusrizal Ditunjuk Jadi Plt DPD II Golkar Sungai Penuh, Ini yang Akan Dilakukan

Baca: 9 Jam Tak Ditemukan Pencarian Ilham Dihentikan, Tim SAR Tunggu Air Surut

Baca: 8 Mobil PT Rehan Ditahan Warga, Faisal: Mereka Mau Minta Rokok

Dikatakannya, jika nilai NTP Provinsi Jambi di atas 100 maka perlu menjaga harga sawit dan karet agar tetap stabil.

Halaman
12
Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved