Layanan Data Internet 5g Pertama di Dunia, Korea Selatan Mulai Komersilkan Jaringan Super Cepat Ini

Korea Selatan akan menjadi negara pertama yang memulai layanan jaringan generasi kelima atau 5G secara komersial.

Layanan Data Internet 5g Pertama di Dunia, Korea Selatan Mulai Komersilkan Jaringan Super Cepat Ini
net
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Korea Selatan akan menjadi negara pertama yang memulai layanan jaringan generasi kelima atau 5G secara komersial.

Layanan operator seluler ini dijalankan oleh SK Telecom, KT dan LG Uplus. Perusahaan ini sudah meluncurkan layanan jaringan super cepat pada tengah malam pada 1 Desember.

Mengutip The Korea Times pada Minggu (2/12/2018), ketiga operator seluler ini akan memulai layanan 5G di Seoul dan kota-kota besar lainnya.

Layanan jaringan generasi selanjutnya akan fokus pada penggunaan perusahaan karena belum ada smartphone yang mendukung jaringan 5G.

Verizon, operator seluler AS, meluncurkan layanan 5G di empat kota termasuk Los Angeles, Houston, Sacramento, dan Indianapolis. Namun operator seluler Korea mengklaim bahwa mereka lah yang menjadi perusahaan pertama meluncurkan layanan jaringan generasi super cepat ini.

Baca: Tips Memilih Laptop Gaming, Perhatikan Beberapa Bagian Penting, Terutama Prosesor dan VGA

Baca: 10 Tips Belanja Online, Lakukan Riset Sebelum Membeli dan Jangan Mudah Tergoda Barang Murah

Baca: Live Streaming Bhayangkara FC Vs PSM Makassar Pekan 33 Liga 1 2018 Siaran Langsung Indosiar

Korea menilai perangkat Verizon untuk layanan 5G tidak disetujui oleh standar layanan 5G yang ditetapkan oleh badan standarisasi industri yakni 3GPP.

Meskipun meluncurkan layanan 5G, tampaknya perayaan tidak akan digelar. Mengingat ada kebakaran baru-baru ini di terowongan kabel KT di Seoul, 24 November, yang menyebabkan pemadaman jaringan.

Untuk merayakan peluncuran 5G mereka, tiga operator seluler dijadwalkan untuk mengadakan konferensi pers yang menampilkan demo 5G dan uji coba minggu ini. Namun ketiga perusahaan ini kompak membatalkannya. Mereka sepakat untuk bergabung bersama dalam menyelesaikan akibat kecelakaan tersebut.

SK Telecom dan LG Uplus mengumumkan layanan 5G mereka untuk penggunaan perusahaan sementara KT tidak memberikan rincian layanannya karena perusahaan telah berfokus pada pemulihan dari kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran.

Bagi SK Telecom perusahaan suku cadang mobil yang berbasis di Kompleks Industri Banwol, Ansan, Provinsi Gyeonggi yakni Myunghwa akan menjadi pelanggan 5G pertama.

Baca: Tips Menghadapi Anak yang Emosional, Mulailah Cari Tahu Penyebab Hingga Tetap Bersikap Tenang

Baca: Viral di Media Sosial! Kisah Nenek Nikahi Pemuda 25 Tahun, Blak-blakan Ungkap Alasannya Menikah

Baca: Sidang Hari Ini, Empat Terdakwa Perkara Embung Sungai Abang Sampaikan Pledoi

Halaman
12
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved