Balai TNKS Wajibkan Pendaki Gunung Kerinci Bawa Kantong Plastik untuk Apa? Ini Tujuannya

Para pendaki gunung Kerinci diwajib membawa kantong plastik dan membawa sampah saat turun gunung.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Mengurangi sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci, para pendaki diwajibkan membawa kantong plastik dan membawa sampah pada saat turun ke pos penjagaan.

Bahkan, jika pendaki yang saat turun tidak membawa sampah ke bawah gunung, maka petugas akan menahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ditinggalkan di pos penjagaan.

Hendi salah seorang pencinta alam mengatakan, petugas TNKS Kerinci saat ini menjadikan KTP yang dititipkan ke petugas sebagai jaminan sebelum mendaki Gunung Kerinci.

"Alhamdulillah, setelah kita melakukan kegiatan pendakian bersama membersihkan sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci beberapa waktu lalu, direspon cepat dari Taman Nasional Kerinci Seblat mewajibkan pengunjung meninggalkan KTP sebagai jaminan," ujarnya.

Baca: Kondisi Keluarga Zumi Zola Jelang Vonis, Istri Harus Banting Tulang Hingga Ditinggal Sang Ayah

Tidak hanya meninggalkan KTP, pendaki juga harus membawa kantong plastik untuk membawa kembali sampahnya dan sampah gunung 1 kg per orang.

"Kalau gak mampu atau gak mau ya gak usah naik Gunung Kerinci," ucapnya.

Sementara itu, Reno salah seorang anggota DPRD Kerinci yang ikut membersihkan sampah di jalur pendakian Gunung Kerinci mengatakan, dari hasil pembersihan terkumpul 34 karung sampah yang dibawa turun dari gunung.

"Sampah hari pertama 15 kantong dan kedua 19 kantong total 34 karung yang berhasil diturunkan dari gunung Kerinci. Jadi saat ini masih ada ratusan kantong lagi yang belum diturunkan," sebutnya.

Baca: Video:Heboh Pernikahan Beda Usia, Bermula dari Pijat, Akhirnya Nenek Fatimah dan Eko Menikah

Dia berharap dengan kedatangan pengunjung saat libur natal dan tahun baru ini yang biasanya menembus 2.000 orang, bisa mengurangi sampah di Gunung Kerinci.

Akhir tahun ini, 2 ton sampah siap diturunkan oleh pengunjung yang mendaki gunung tertinggi di Sumatera tersebut.

"Mari kita ingatkan dan awasi bersama SOP pendakian Gunung Kerinci ini yang baru dikeluarkan oleh pihak Taman Nasinal Kerinci Seblat," tandasnya.

Baca: Honorer K2 Jadi PNS, Pemkab Tanjab Timur Tunggu Juknis PP No 49 Tahun 2018

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved