Kesehatan

Tips Mencegah si Kecil Mempunyai Tubuh Pendek saat Ia Dewasa

Pada usia dewasa, setiap individu sudah punya patokan tinggi badannya masing-masing. Ada yang tinggi, sedang dan ada juga yang pendek.

Tips Mencegah si Kecil Mempunyai Tubuh Pendek saat Ia Dewasa
RedIO
Ilustrasi perbandingan tubuh tinggi dan pendek setelah dewasa. 

TRIBUNJAMBI.COM - Pada usia dewasa, setiap individu sudah punya patokan tinggi badannya masing-masing. Ada yang tinggi, sedang dan ada juga yang pendek.

Berbeda dengan anak-anak, di usia mereka sesuai dengan kelompok umur, jenis kelamin, dan ras yang sama umumnya memiliki tinggi badan yang kurang lebih mirip. Atas dasar itu, dibuatlah semacam panduan rentang tinggi badan normal pada anak.

"Karena itu, jika Bunda mendapati si Kecil lebih pendek dari teman-teman sebayanya,apalagi jika perbedaannya signifikan, mencurigai ada yang salah adalah suatu hal yang beralasan," ungkap dr. Karin Wiradarma yang dilansir Klikdokter.com.

Menurut Karin, anak yang bertubuh pendek perlu diterapi segera. Ini karena sekitar 75 persen dari anak yang memiliki tubuh pendek dapat berakhir menjadi orang dewasa yang tinggi badannya 12 cm lebih pendek daripada rata-rata.

Baca Juga

6 Mitos Keliru Tentang Seks, dari Membilas Miss V Hingga Posisi Mencegah Kehamilan

 Anak-anak Berkemampuan Super di Dunia, dari Penyalur Energi hingga Bisa Banyak Bahasa

Separuh Balita di Muarojambi Bertubuh Pendek, Apa Latar?

Orang-orang Bertubuh Tinggi Miliki frekuensi Seks Lebih Banyak

 

Definisi tubuh pendek

Seorang anak dikatakan memiliki tubuh pendek apabila tingginya berada di bawah tinggi rata-rata anak sebayanya (usia yang sama).

Hal tersebut juga harus disesuaikan dengan anak yang memiliki jenis kelamin dan ras yang sama.

"Bunda juga perlu melihat kurva pertumbuhan standar, yang bisa didapat dari posyandu ataupun laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)," jelas Karin.

Jika setelah disesuaikan dengan kurva pertumbuhan standar, tinggi badan si Kecil kurang dari persentil tiga untuk usianya, itu artinya ia termasuk pendek.

Penyebab tubuh pendek

Halaman
1234
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved