Resep Pagi

Cara Praktis Bikin Pempek Selam Ikan Kakap, Cocok untuk Disantap Bareng Keluarga

Moms, nih petunjuk cara praktis bikin pempek. Bisa untuk persiapan akhir pekan nih...

Cara Praktis Bikin Pempek Selam Ikan Kakap, Cocok untuk Disantap Bareng Keluarga
Tribun Jambi/Aline
Cara bikin pempek selam ikan kakap, praktis dan enak. 

PEMPEK. Siapa sih yang ga suka sama panganan yang satu ini?

Bisa dibilang, ini juga termasuk kuliner khas Jambi. Tapi, kuliner ini juga populer di Sumatera. Bahkan di berbagai daerah Indonesia, penganan ini mudah ditemukan penjualnya.

Pempek terbuat dari adonan tepung sagu dengan ikan giling, kemudian direbus, digoreng. Pastinya ini menjadi makanan favorit semua orang.

Nah, kali ini saya mau berbagi resep praktis bagi pembaca setia tribunjambi.com.

Semua bahan membuat pempek, sangat gampang kita temukan di pasar tradisional yang ada di kota Jambi.

Pempek ikan
Pempek ikan (Tribun Jambi/Aline)

Pempek Selam Ikan Kakap

Bahan:

  • 1 Kg Ikan giling (saya pake ikan kakap giling)
  • 1 Kg tepung sagu cap pak Tani (kalo bisa sih ya harus merk ini, karna pernah nyoba yang lain beda banget hasilnya) ctt : ga digunain semua kok, kurang dari 1 Kg.
  • 1 sdm garam halus
  • 2 butir telur (Biasanya saya pakai putihnya saja, yang kuningnya untuk isian selam. Tapi kalau mau semuanya dimasukin ga papa juga kok)
  • Air es 2-3 sendok makan (kalau ikannya dari freezer biasanya ini saya skip)
Cara bikin pempek, kuline khas Jambi.
Cara bikin pempek, kuline khas Jambi. (Tribun Jambi/Aline)

Cara Membuat:

  • Didihkan air dalam panci sebelum mebuat adonan pempek, beri minyak sedikit.
  • Siapkan wadah bowl yang agak besar, masukkan ikan giling, telur dan air es, aduk rata sambil dicicip, kalo bisa agak asin ya, soalnya mau di campur sama tepung sagu.
  • Kalau sudah tercampur, masukkan sedikit demi sedikit tepung sagunya, sambil diuleni. Teknik untuk pemula : jangan pake air dlu, cairnya cukup dengan telur aja, nanti keenceran jadi kebanyakan tepung sagu, pempeknya jadi keras.
  • Bentuk adonan sesuai dengan bentuk pempek yang diinginkan, bisa blat, lenjer panjang ataupun lenjer kecil
  • Untuk membuat pempek selam, ambil adonan, kira-kira segenggam tangan, trus dibulatkan.
  • Kemudian tusuk dengan jaru telunjuk pas di tengah adonan, dalamkan hingga menjadi seperti mangkok lonjong.
  • Masukkan telur dengan menggunakan sendok sayur kecil
  • Jangan masukkan keseluruhan telur, nanti tidak bisa ditutup karena kepenuhan.
  • Masukkan saja kuning telur utuh dan sedikit putih telurnya.
  • Setelah telur masuk, langsung tutup rapat dan cemplungkan kedalam rebusan air, begitu seterusnya.

Cara Bikin Cuko

Makan pempek ga lengkap dong kalo ga ada cuka/cuko.
Cuka atau cuko dalam Bahasa Palembang dan Jambi adalah kuah yang terbuat dari air rebusan gula merah yang ditambah cabai rawit dan bawang putih, ini resep cuko-nya :

Cara bikin pempek. Kuliner khas Jambi
Cara bikin pempek. Kuliner khas Jambi (Tribun Jambi/Aline)

Bahan:

  • 300 gram gula merah batok (gula merah yang hitam banget berbentuk batok kelapa)
  • 500 ml air putih
  • 4-5 siung bawang putih
  • 5 buah cabai keriting
  • 7 buah cabai rawit (bisa ditambah kalo mau lebih pedes)
  • 2 buah asam jawa, larutkan dengan 50 ml air
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Membuat:

  • Rebus air bersama gula merah hingga larut.
  • Halukan bawang putih dan cabai hingga halus
  • Masukkan bumbu halus ke rebusan air gulamerah yang sudah mendidih, masak kira2 3-5 menit
  • Masukkan air asam jawa, gula dan garam
  • Koreksi rasa, sajikan

Tips:

  • Ketika pempek sudah mengambang tunggu beberapa saat agar isi telur didalamnya matang sempurna.
  • Jangan terlalu lama mengaduk adonan pempek, karena akan menjadi keras.
  • Jika adonan masih lengket di tangan, lumurui telapak tangan dengan minyak sayur ya...

Selamat mencoba ya!

Baca: Baung Sungai Dimasak Pindang Pedas, Bikin Segar di Lidah

Baca: Cake Pisang Super Simpel, Pisang Terlalu Matang Jangan Dibuang Moms

Baca: Cara Praktis Bikin Tempura Udang

Penulis: aline
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved