Pemilu 2019

Ini yang Harus Dilakukan Perempuan dalam Keterlibatan Pengawasan Pemilu

Perwakilan Bawaslu Provinsi Jambi Rofiqoh Febriyanti mengatakan, perempuan perannya dalam pemilu cukup penting terutama dalam pengawasan.

Ini yang Harus Dilakukan Perempuan dalam Keterlibatan Pengawasan Pemilu
TRIBUN JAMBI/HERI PRIHARTONO
Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu. 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Heri Prihartono

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perwakilan Bawaslu Provinsi Jambi Rofiqoh Febriyanti mengatakan, perempuan perannya dalam pemilu cukup penting terutama dalam pengawasan.

"Apalagi saat ini pemerintah telah mengakomodir keterwakilan perempuan 30 persen dalam pemilu mendatang," kata Rofiqoh, di hotel Alya Tebo, Senin (19/11).

Perempuan diminta senantiasa berperan dalam lingkungannya untuk mengawasi agar tidak ada pelanggaran dalam proses pelaksanaan pesta demokrasi.

Baca: Puluhan Hektare Sawah Mengalami Puso Akibat Banjir

Satu diantara contoh pengawasan menurut Masri anggota Bawaslu Kabupaten Tebo   adalah melaporkan jika ada warga yang tak masuk dalam DPT di lingkungannya.

Selanjutnya adalah mencegah pelanggaran terutama dalam money politik. "Kalau ada menemukan itu tolong sampaikan kepada petugas kami di desa dan lapangan. Misal ada yang memberi uang, beras dan minyak goreng. Misalnya lagi ada yang memberikan hadiah berkedok doorprize,"  kata Masri.

Selanjutnya pemantauan kegiatan dalam pelaksanaan pemilu. 

"Selanjutnya melaporkan. Orang terdaftar di DPT, peserta pemilu, pemantau pemilu berhak melapor kepada kami berkaitan jika ada kejadian atau pelanggaran," kata Masri. 

Baca: Satu Rumah dan Satu Pohon Roboh di Bungo , BPBD Imbau Warga Waspada

Baca: 5,4 Persen Warga Belum Rekam Data E-KTP

Penulis: heri prihartono
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved