Kajian Ustadz Abdul Somad Tentang Ayah dan Ibu Nabi Muhammad Yang Paling Sering Ditanyakan

Ini pertanyaan yang sering diajukan jemaah dan dijawab langsung oleh Ustadz Abdul Somad.

Kajian Ustadz Abdul Somad Tentang Ayah dan Ibu Nabi Muhammad Yang Paling Sering Ditanyakan
pixabay.com
Muhammad SAW 

TRIBUNJAMBI.COM - Banyak pertanyaan jemaah yang dijawab Ustadz Abdul Somad langsung saat tausiyah, atau melalui WA dan SMS.

Namun untuk pertanyaan-pertanyaan yang populer, alias yang sering ditanyakan, jemaah dapat melihat langsung materi-materi kajiannya lewat buku 37 masalah populer dan jawaban Ustadz Abdul Somad.

Buku ini dapat diunduh di Play Store. Tribun menyajikan salah satunya yang termasuk sering menjadi bahan pertanyaan umat.

Benarkah Ayah Ibu Nabi Kafir?

Oleh: Ustadz Abdul Somad

Allah Swt berfirman,

وَمَا كُنَّا مُعَذِ بِينَ حَتَّى نَبْعَثَ رَسُولًا

“Dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul”. (Qs. Al-Isra’ [17]: 15).
Sebagaimana kita ketahui bahwa Abdullah dan Aminah hidup sebelum Nabi Muhammad Saw diutus, maka mereka berdua termasuk ahlul fatrah yang tidak diazab sebelum rasul diutus. Demikian keyakinan Ahlussunnah waljama’ah. Demikian juga pendapat Imam Ibnu Taimiah,

فَإِنَّ الْكِتاَبَ وَالسُّنَّةَ قَدْ دَلَّ عَلَى أَنَّ اللَََّّ لَا يُعَذِ بُ أحََدًا إلَّا بَعْدَ إبْلَاغِ ال رسَالَةِ فَمَنْ لَمْ تبَْلُغْهُ جُمْلَةً لَمْ يُعَذِ بْهُ رَأْسًا وَمَنْ بَلَغَتْهُ جُمْ لَةً دُونَ بَعْضِ التعَّْصِيلِ لَمْ يُعَذِ بْهُ إلَّا عَلَى إنْكَارِ مَا قَامَتْ عَلَيْهِ الْحُجَّةُ الرسالية

Sesungguhnya al-Qur’an dan Sunnah menunjukkan bahwa Allah tidak mengazab seorang pun kecuali setelah sampainya risalah kepada mereka. Siapa yang tidak sampai risalah kepadanya secara keseluruhan, maka ia tidak diazab sama sekali. Siapa yang risalah sampai kepadanya secara keseluruhan tapi tidak terperinci, maka ia diazab hanya pada perkara yang ia ingkari saja.
Adapun hadits,

Halaman
1234
Penulis: nani
Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved