Sekda Batanghari Sebut Peran Penyuluh Sama Halnya dengan Intelijen

Dalam workshop antisipasi terorisme di Batanghari, Sekda sebut peran penyuluh agama seperti peran intelijen, Kamis (18/10).

Sekda Batanghari Sebut Peran Penyuluh Sama Halnya dengan Intelijen
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Sekda Batanghari Bachtiar 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Dalam workshop antisipasi terorisme di Batanghari, Sekda sebut peran penyuluh agama seperti peran intelijen, Kamis (18/10).

Dalam workshoap, yang bertujuan untuk penguatan kapasitas penyuluh terkait radikalisme tersebut, upaya pencegahan harus lebih aktif lagi dilakukan baik melalui instansi pemerintah, dan organisasi lainnya terlebih bagi penyuluh agama dan para dai serta tokoh agama dimasyarakat.

"Dalam praktek di lapangannya peran penyuluh, da'i dan tokoh agama sama halnya dengan tugas seorang intelejen. Dalam menjalankan tugas untuk mencari informasi keagamaan yang berkembang dimasyarakat atau wilayahnya," ujar Sekretaris Daerah Batanghari Bachtiar

Dikatakan Bachtiar, fungsi strategis penyuluh agama ada beberapa hal penting. Terutama dalam pembangunan, baik dari segi informatif, konsultatif, dan fungsi edukatif serta fungsi advokatif. Di masing-masing peran tersebut seorang penyuluh harus mampu berperan dari segala sisi.

Selain itu peran penyuluh juga sebagai intelijen, yang dimaksud intelijen penyuluh mampu untuk mencari informasi informasi keagaan yang berkembang dimasyarakat. Selain itu juga memberikan pengetahuan kepada orang tua.

" Terutama untuk menjaga anaka anaknya dalam memahami ajaran agama yang berkembang. Karena agama dalam anak usia dini sangat penting untuk pembentukan mentalnya kedepan," Tambah Sekda

Dengan total 100 peserta, yang terdiri dari 68 penyuluh agama dan sisanya ormas agama dan guru agama. Mudah mudahan dapat menjaga keamanan masyarakat dari tindak terorisme serta dapat menjaga masuknya jrntik jentik teroris dikalangan masyarakat tersebut. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved