Home and Garden

GALERI FOTO: Ingin Membuat Aquascape Sendiri? Ini Harga Komponen-komponen yang Disediakan

Tujuan dibuatnya aquascape untuk menciptakan landscape bawah air yang tampak unik dan juga cantik. Ada beberapa faktor

GALERI FOTO: Ingin Membuat Aquascape Sendiri? Ini Harga Komponen-komponen yang Disediakan
TRIBUN JAMBI/NURLAILIS

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tujuan dibuatnya aquascape untuk menciptakan landscape bawah air yang tampak unik dan juga cantik. Ada beberapa faktor penentu untuk kesuksesan dari aquascape ini seperti tanaman, ikan, lampu, juga nutrisi.

Jenis tanaman yang diperlukan adalah tanaman yang bisa hidup di dalam air. Jenis tanamannya ada sekitar 200 jenis. Beberapa diantaranya adalah anubias nana, echinodorus amazonicus, lilaeopsis, amazon sword dan lainnya. Tanaman inipula bisa dilihat lagi kebutuhan pencahayaannya.

15092018_aquascape
Aquascape (TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Baca: Berkebun dalam Air dengan Aquascape

“Semua tanaman ini benar-benar asli. Di Jambi masih belum terlalu banyak jadi kita kirim dari Jawa. Terlebih suhu di Jambi juga kurang cocok untuk membudidayakan tanaman air seperti ini,” ungkap pengelola Dinar Aquascape, Agung.

Untuk harga bisa pertanaman bisa juga perbungkus atau perikat. Untuk satu set aquascape bisa disesuaikan dengan budget. Semakin besar budget semakin bisa memilih tanaman.

Harga dari tanaman bervariasi bisa Rp 5 ribu hingga jutaan. Keseluruhan biaya aquascape bisa sampai Rp 3 juta sudah lengkap dan tinggal dioperasikan. Kembali lagi tergantung pada budget yang keinginan konsumen.

Ikan aquascape juga biasanya kecil-kecil. Ikannya pun pilihan karena ada beberapa jenis ikan yang agresif terhadap tumbuhan. Beberapa jenis ikan aquascape diantaranya manfish diamond, rainbow fish, guppy, angel fish, dwarf gourami, neon tetra, sumatra barb, red nose tetra. Untuk harga ikan bisa Rp 2 ribu perekor sampai Rp 50 ribu perekor.

“Jumlah ikan sebetulnya tidak bisa ditentukan. Sebagai pemilik juga harus melihat apakah ikan terlalu banyak dalam satu aquarium, juga harus perhatikan tanaman karena itu bisa tumbuh. Ikan juga bisa bepenyakit,” ungkapnya.

15092018_aquascape
Aquascape (TRIBUN JAMBI/NURLAILIS)

Baca: Tunggakan Pelangan ke PLN di Tungkal Capai Rp 985 Juta Lebih

Baca: Toyota Bagikan Satu Unit Mobil dan Motor Kepada Costumer, Ini Pemenang dari Jambi

Untuk ukuran lampu juga berpengaruh ke tanaman untuk membantu proses fotosintesis. Lihat juga jenis tanamannya apakah membutuhkan cahaya yang banyak atau tidak. CO2 perlu disemprotkan karena tanaman butuh itu.

Batu juga bisa sebagai media untuk tanaman tumbuh. Batu bisa jadi penghias juga asalkan jangan batu karang. Karena batu karang mengandung asam yang bahaya terhadap air dan juga ke tanaman. Intinya gunakan batuan alam.

Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help