Jilatan Api di Sumur Minyak Ilegal Lebih Besar, Warga Padamkan Pakai Detergen

Warga padamkan sumur ilegal driling yang terbakar dengan menggunakan deterjen bubuk.

Jilatan Api di Sumur Minyak Ilegal Lebih Besar, Warga Padamkan Pakai Detergen
istimewa
sumur minyak ilegal di Desa Pompa Air terbakar, Minggu (5/8). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Warga padamkan sumur ilegal driling yang terbakar dengan menggunakan deterjen bubuk, jilatan api lebih besar dari kebakaran sebelumnnya.

Kembali terbakarnya sumur minyak ilegal driling di kawasan Desa Pompa Air kecamatan Bajubang, Minggu sore, membuat geger penduduk setempat mengingat kobaran api diduga dari terbakarnya bak penampungan minyak tersebut lebih besar dari kebakaran yang terjadi sebelumnya.

"Kalo ditengok tadi asapnyo lebih pekat dan apinyo jugo lebih besar, kemungkinan lebih besar kebakaran yang ini dari kebakaran sebelumnnyo," Ujar Indra Kades Pompa Air, Minggu (5/8).

Dikatakannya pula, dalam melakukan pemadaman tersebut warga Rt 09 Dusun 04 dimana lokasi terbakarnya sumir tersebut bahu membahu memadamkan api dengan menggunakan air sebiadanya dan menggunakan deterjen.

"Kalo lahan pemilik sumur sayo dak tau, tapi kalo pemiik lahan sayo tahu itu lahan pak Jono," Ujarnya kepada Tribunjambi.com.

Sementara itu Kapolsek Bajubang Iptu Elfian Yusran Ritonga, membenarkan telah terjadi kebakaran sumur minyak ilegal pada tanggal 05 Agustus 2018 sekira pukul 17.00. Kebakaran terjadi pada Bak Penampungan Minyak Ilegal di Dusun IV Simpang Berangan Rt 09 Desa pompa Air Kecamatan, Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Kronologis terjadinya kebakaran berdasarkan keterangan warga diduga disebabkan oleh mesin Robin penyedot minyak yang mengeluarkan percikan api sehingga menyambar ke bak penampung minyak ilegal.

"Kebakaran terjadi ditengah - tengah kebun karet jauh dari pemukiman warga dan api tidak menjalar kemana-mana," jelasnya.

Dari hasil pengecekan, diketahui pemilik tanah adalah Legiono alias Jono (55) warga Dusun IV Simpang Berangan Rt 09 Desa pompa Air Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Sementara pemilik Sumur ilegal Zaini umur (50) warga kelurahan teratai Kecamatan Muara Bulian, kabupaten Batanghari.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help