Kesehatan

Hubungan Dokter dan Pasien Itu Bukan Menjanjikan Tapi Mengupayakan

Anastesi secara umum berarti suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai

Hubungan Dokter dan Pasien Itu Bukan Menjanjikan Tapi Mengupayakan
TRIBUN JAMBI/NURLAILIS
Meja operasi 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Anastesi secara umum berarti suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh.

 Dokter Sulistyowati Sp.An. menjelaskan jenis anastesi dibagi tiga yaitu anastesi umum, anastesi regional dan anastesi lokal.

“Anastesi umum itu keseluruhan badan benar-benar tidak sadar selama operasi berlangsung atau bius total. Biasanya dilakukan untuk operasi besar seperti operasi otak, jantung dan trasnplantasi organ,” jelasnya.

Baca: Mengenal Tugas Dokter Anestesi, Sang Pilot di Meja Operasi

Sementara untuk anastesi regional dilakukan hanya separuh badan seperti pada operasi sesar ibu melahirkan. Sedangkan anastesi lokal lingkupnya lebih kecil lagi misalnya pada gigi. Pada anastesi lokal ini pasien dalam keadaan tetap sadar.

“Sebelum operasi juga ada kesepakatan antara pasien dan dokter. Bagi dokter kalau itu memungkinkan akan dikabulkan karena dokter memberi penjelasan lengkap dengan untung dan rugi. Kalau pasien menolak operasi tidak bisa berjalan. Dokter juga berbicara dengan pasien dan keluarga, tentang apa yang akan dikerjakan dan menjelaskan risiko-risikonya. Karena hubungan dokter dan pasien itu bukan menjanjikan tapi mengupayakan,” tuturnya.

Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help