Mengenal Tugas Dokter Anestesi, Sang Pilot di Meja Operasi

Anastesi merupakan bagian dalam ilmu kedokteran yang berfokus pada menghilangkan rasa nyeri dan memfasilitasi operasi. Rasa nyeri

Mengenal Tugas Dokter Anestesi, Sang Pilot di Meja Operasi
TRIBUN JAMBI/NURLAILIS

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Anastesi merupakan bagian dalam ilmu kedokteran yang berfokus pada menghilangkan rasa nyeri dan memfasilitasi operasi. Rasa nyeri bukan hanya terjadi saat operasi. Nyeri kronis juga bisa dirasakan penderita kanker.

“Selama operasi, dokter anastesi itu dianalogikan seperti pilot. Dia menyiapkan pasien, melihat kondisi pasien dari seluruh badan, rekam medisnya untuk menentukan apakah layak dilakukan operasi. Selain dilihat pemeriksaan fisiknya juga menyiapkan teknik operasinya karena tiap pasien bisa berbeda,” ungkap Dokter Sulistyowati Sp.An.

Baca: Keseringan Berhubungan Bikin Miss V Tak Lagi Elastis? Ini Jawaban dan Saran Dokter

Saat operasi, peran dokter anastesi itu menjaga kestabilan tekanan darah, jantung, nadi, nafas dan hal lainnya. Dokter anastesi benar-benar menjaga pasien ini karena beda kasus beda cara.

“Kalau operasi berjalan aman, setelah operasi dokter anastesi juga tetap memeriksa dengan menjaga agar pasien tidak nyeri pascaoperasi. Ia juga tugasnya menentukan apakah pascaoperasi apakah pasien tetap dirawat atau bisa dipulangkan,” jelasnya.

Minimal dari satu hari sebelum operasi dokter anastesi sudah mulai mendampingi meski hanya menjalani operasi kecil. Karena bisa saja ada pasien yang alergi.

Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help