Perbankan

Juni Ini Bunga Deposito Mulai Naik, Bagaimana dengan Bunga Kredit?

Beberapa bank mengaku akan menaikkan suku bunga depositonya pada Juni 2018 ini. Hal ini untuk menyesuaikan dengan

Juni Ini Bunga Deposito Mulai Naik, Bagaimana dengan Bunga Kredit?
KONTAN/BAIHAKI
Ilustrasi bunga deposito 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Beberapa bank mengaku akan menaikkan suku bunga depositonya pada Juni 2018 ini. Hal ini untuk menyesuaikan dengan kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Indinesia sebesar 50 basis poin dalam sebulan terakhir.

Salah satu bank yang akan menaikkan bunga depositonya adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Besarannya diperkirakan sebesar 25 bps. "Diperkirakan perbankan akan menaikkan bunga deposito pada Juni 2018 ini," kata Mohammad Irfan Direktur Manajemen Risiko BRI, Kamis (31/5).

Baca: MOTOGP ITALIA - Sengaja Akhiri Sesi Kualifikasi di Posisi Ke-6, Ini Alasan Marquez

Boedi Armanto, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bilang meskipun suku bunga deposito counter rate bank naik tidak serta-merta di laporan akan ada kenaikan tersebut.

"Karena suku bunga tersebut baru berlaku bagi deposan baru," kata Boedi kepada kontan.co.id, Jumat (1/5). Kenaikan atau repricing suku bunga deposito akan dicatat jika sudah jatuh tempo dan diperpanjang deposannya.

Beberapa analis memproyeksi dengan naiknya bunga deposito dan belum disertai kenaikan bunga kredit, akan menyebabkan margin bank akan turun.

"Jika suku bunga deposito naik tetapi suku bunga kredit tetap, maka margin bank umum akan turun karena biaya dana naik," kata Paul Sutaryono Pengamat Perbankan, Jumat (1/6).

Paul memperkirakan NIM bank umum akan turun 10 bps-15 bps atau 0,1%-1,15%. Namun jika suku bunga kredit akan langsung menyesuaikan hal ini akan menyebabkan NIM bank tidak akan berubah.

Baca: Jangan Pernah Mencoba! Inilah yang Terjadi pada Tubuh Orang yang Gantung Diri

Baca: Ekonom Nilai Laju Inflasi Mei Lebih Rendah Dibanding Lebaran Tahun-tahun Sebelumnya

Boedi bilang dengan kenaikan bunga deposito, margin bank belum tentu terpengaruh. Hal ini dengan asumsi bank menaikkan bunga kreditnya.

Secara umum OJK mencatat jarak antara bunga acuan dan deposito naik adalah 1 bulan. Sedangkan jarak antara bunga acuan dengan bunga kredit naik antara 3 bulan-6 bulan sampai 1 tahun, atau tergantung perjanjiannya.

OJK menyarankan kepada bank untuk meningkatkan efisiensi untuk menjaga margin.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help