Kesehatan

Aneka Manfaat Petai - Benarkah Bisa Atasi Hipertensi?

Petai, alias parkia speciosa termasuk jenis makanan dari tumbuhan yang mengandung sumber-sumber mineral yang penting.

Aneka Manfaat Petai - Benarkah Bisa Atasi Hipertensi?
simomot.com
Buah Pete (Petai) 

TRIBUNJAMBI.COM - Petai, alias parkia speciosa termasuk jenis makanan dari tumbuhan yang mengandung sumber-sumber mineral yang penting. Petai menjadi salah satu lalapan favorit sebagian masyarakat di Indonesia.

Meski menyebabkan bau mulut, petai tetap disukai karena rasanya yang unik. Namun tahukah Anda, petai ternyata juga menyimpan beragam manfaat kesehatan.

Baca: Jajaran Polres Sarolangun Peringati Hari Kelahiran Pancasila

Bahasan tentang petai diunggah kembali akun klikdokter.com, Jumat (1/6) pukul 15.30 WIB. Nur Budhi dari klikdokter.com akan mengulas tentang manfaat petai, sekaligus menjawab rumor tentang konsumsi petai untuk mencegah hipertensi. Berikut ulasannya.

Banyak yang menduga bahwa petai memiliki manfaat yang besar dalam mencegah hipertensi alias tekanan darah tinggi. Benarkah demikian?

"Petai mengandung vitamin C, E, dan B1 yang tinggi. Si hijau ini juga memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, dan zat penting lainnya," jelas Nur.

Kandungan gizi yang banyak pada petai dihubungkan dengan berbagai manfaat berikut ini:

1. Menangkal radikal bebas

Petai memiliki kandungan antioksidan fenolic acid yang tinggi. Senyawa ini diperlukan untuk melawan radikal bebas, yang nantinya turut membantu memperkecil risiko diabetes, kanker, dan tukak lambung.

Baca: Diduga Terpapar Ideologi Teroris - Bripkas NL Ikut Pengajian Sejak 2012

Baca: Praktik Fee Proyek di Jambi - Fachori Umar: Lapor pada Saya, akan Ditindak Tegas

2. Mencegah infeksi bakteri

Petai bisa menghambat pertumbuhan bakteri E. coli, yang merupakan salah satu penyebab diare, infeksi saluran kemih, dan penyakit saluran cerna lainnya. Di samping itu, si hijau ini juga terbukti mampu mengusir bakteri H. pylori, yang merupakan kuman penyebab tukak lambung.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help