Relationship

Kenali 6 Penyebab Sakit Saat Berhubungan Intim, Apakah Anda Mengalaminya?

Tidak sedikit orang yang mengeluh sakit dan nyeri saat melakukan hubungan seksual. Tidak hanya wanita, pria juga mengalami sakitnya.

Kenali 6 Penyebab Sakit Saat Berhubungan Intim, Apakah Anda Mengalaminya?
net
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM - Tidak sedikit orang yang mengeluh sakit dan nyeri saat melakukan hubungan seksual. Tidak hanya wanita, pria juga mengalami sakitnya. Apa saja ya, penyebabnya?

Akun klikdokter.com, mengunggah kembali materi ini di Facebook, Minggu (15/4) pukul 21.00 WIB. Kali ini, dokter pengasuh dr. Muhammad Anwar Irzan menjelaskan untuk Anda.

"Rasa sakit saat melakukan hubungan seksual merupakan keluhan yang cukup banyak dialami pria maupun wanita, meskipun lebih sering ditemukan pada wanita," ujar dr. Muhammad dalam pengantarnya.

Baca: Lari dengan Kekasih, Wanita Ini Dicambuk 100 Kali Oleh Suami dan Dikelilingi Massa Pria. Lalu. . .

Ternyata, penyebabnya bisa bermacam-macam. Diantaranya:

1. Pelumasan yang tidak memadai. Hal ini bisa dikarenakan kurangnya foreplay atau pemanasan. Namun dapat juga disebabkan oleh penurunan kadar estrogen setelah menopause, setelah melahirkan, atau selama menyusui. Anda dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa cara, seperti terapi estrogen atau pemakaian cairan lubrikasi.

2. Obat-obat tertentu diketahui dapat menghambat gairah seksual, yang dapat membuat hubungan seksual menjadi sakit. Obat-obatan ini termasuk antidepresan, antihistamin obat tekanan darah tinggi, dan pil KB tertentu.

3. Cedera, trauma atau iritasi. Ini termasuk cedera atau iritasi akibat kecelakaan, operasi panggul, dan sunat perempuan atau pemotongan yang dilakukan selama persalinan untuk memperbesar jalan lahir (episiotomi).

Baca: Bertemu Suami Sebulan Sekali, Berhubungan Lebih dari 10 Kali Sehari. Adakah Efek Sampingnya?

Baca: Razia Satresnarkoba Polresta Jambi - 432 Botol Colombus Whisky Disita di Jambi Selatan

4. Peradangan, infeksi atau kelainan kulit. Infeksi di daerah genital atau saluran kemih dapat menyebabkan hubungan seksual menjadi sakit. Eksim atau masalah kulit lainnya-pada daerah genital-juga dapat menjadi masalah.

5. Vaginismus. Kejang pada otot-otot dinding vagina (vaginismus) dapat membuat upaya penetrasi sangat menyakitkan.

6. Kelainan bawaan. Masalah yang ada pada saat lahir, seperti tidak tumbuhnya organ vagina (agenesis vagina) atau kelainan pada selaput dara yang menyumbat keluarnya darah (hymen imperforata), bisa menjadi penyebab sakit saat melakukan hubungan seksual.

Berikut, tautan lengkapnya:

Sumber: Facebook/klikdokter.com

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help