Sudah Bertahun-tahun Air Batang Masumai Disebut Masih Aman, Tapi Keruhnya. . .

Sejak maraknya aktivitas pertambangan emas tanpa izin (PETI) di wilayah Pangkalan Jambu, air batang Masumai berwarna keruh

Sudah Bertahun-tahun Air Batang Masumai Disebut Masih Aman, Tapi Keruhnya. . .
tribunjambi/herupitra
Aktivitas PETI yang terjadi di Pangkalan Jambu, beberapa waktu lalu diduga penyebab keruhnya air sungai Batang Masumai 

*LH: Klaim Masih Aman

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Sejak maraknya aktivitas pertambangan emas tanpa izin (PETI) di wilayah Pangkalan Jambu, air batang Masumai berwarna keruh.

Meski telah bertahun-tahun keruh, namun Lingkungan Hidup (LH) Merangin mengklaim air sungai Batang Masumai masih aman untuk digunakan.

Hal ini dikatakan Kepala UPTD Laboratorium LH, Sutoto. Bahwa pihaknya sudah melakukan uji sampel untuk tingkat pencemaran air Sungai Batang Merangin.

“Kita sudah melakukan uji sampel, selain air sungai Batang Masumai, juga air Sungai Merangin dan air di TPA (Tempat pembuangan akhir),” katanya, Kamis (15/2).

Untuk sungai Batang Masumai, diakui Sutoto secara fisik memang sudah berubah warna menjadi keruh. Namun tingkat pencemaran untuk digunakan masih aman.

"Tapi harus dilakukan proses, kualitas air masih boleh digunakan seperti disaring terlebih dahulu,” ucapnya.

Namun untuk kandungan mercuri diakuinya, belum bisa ketahui. Pihaknya belum melakukan uji mercuri terhadap sungai tersebut karena terkendala alat labor dan sumber daya manusia.

“Alat kita untuk menguji mercuri itu belum lengkap, setau saya di Jambi ini belum ada. Tapi sudah ada pihak provinsi mengambil sampel (Air batang Masumai),” jelasnya.

Halaman
12
Penulis: heru
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help