Tingkat Kelusuhan Uang yang Beredar di Jambi di Level 12, Apakah Dimusnahkan?

Tingkat Soil Level atau standar kelusuhan uang rupiah yang beredar di Jambi diatas standar minimal yaitu level 12. Angka ini di atas standar

Tingkat Kelusuhan Uang yang Beredar di Jambi di Level 12, Apakah Dimusnahkan?
KONTAN/CHEPPY A MUKHLIS

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM - Tingkat Soil Level atau standar kelusuhan uang rupiah yang beredar di Jambi diatas standar minimal yaitu level 12. Angka ini di atas standar yang ditetapkan BI minimal level delapan untuk soil level yang beredar. Hal ini Disampaikan oleh Poltak Sitanggang, Deputi Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Jambi, Kamis (8/2).

"Hasil ini kita dapat dari survei tahun 2017. Uang yang paling bagus (HCS) itu levelnya 16, tentu nantinya akan ada penurunan ketika dikeluarkan. Level 12 pada pecahan besar (Rp100-50 ribu) dan pecahan kecil (Rp 20 ribu ke bawah) kita level 11 uang rupiah yang beredar di Jambi," jelasnya.

Baca: Pilkada Merangin - Besok, KPU Merangin Tetapkan Paslon Bupati

Ia mengatakan, hal ini tentunya sangat baik sebab uang yang beredar di Jambi di atas standar yang telah ditetapkan, yaitu pada level delapan. Pada penetapan standar kelusuhan uang, ditetapkan angka satu untuk soil level terburuk dan angka 16 soil level terbaik.

Pada tahun 2017 Bank Indonesia Provinsi Jambi sudah melakukan pemusnahan uang tidak layak edar (UTLE) sebesarRp 1,4 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun 2016 mengalami kenaikan, karena pada 2016 sebanyak Rp 868 miliar.

Melihat ini, pihaknya memandang bahwa pada tahun 2017 perbankan sudah bekerja dengan baik dengan meningkatnya jumlah UTLE yang masuk ke BI .

“Uang tidak layak edar sebelum tahun 2017 masih banyak beredar di masyarakat. Uang lusuh atau UTLE masuk ke BI dan dimusnahkan. Naik sangat signifikan pada tahun 2017 sehingga kedepan kerjasama BI, perbankan dan PJ PUR semakin meningkat."

Baca: Peneliti Idea Institut: Politik Uang di Pilwako Jambi Bisa Capai Rp 500 Ribu/Kepala

Baca: Taman Bermain Anak di Bangko Kotor dan Tidak Terawat

Ia menjelaskan, Standar sortasi Bank tentang UTLE dan Uang Layak edar (ULE) dari Bank Indonesia semakin jelas. Diharapkan, perbankan menyetor UTLE ke bank Indonesia dan tidak ada lagi penggunaan uang lusuh.

Ia berharap di Jambi tidak banyak uang tidak layak edar di masyarakat. Semua uang lusuh yang masuk perbankan segera masuk ke BI.

Tags
uang
Musnah
Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help